Mobil Internet Kecamatan Mubazir

00-FOTO B

MUBAZIR  – 10 Unit mobil internet kecamatan, terparkir tanpa fungsi terparkir rapi dihalaman kantor Dishubkominfo Kabupaten Parigi Moutong.(F/Ahmad Udyn/)

PARIMO, PE- Sedikitnya 10 unit Mobil Internet Kecamatan (MIK) milik Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika ( Dishubkominfo) Parigi Moutong yang diperuntukan di setiap kecamatan  kini mubazir. Mobil yang  difungsikan sebagai mobil internet yang menjangkau setiap desa tidak beroperasi. Kendaraan tersebut, kini terparkir di halaman kantor Dishubkominfo.

Salah seorang warga parigi, Pais Husain, mengaku bahwa keberadaan mobil intrenet tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan warga di desa, guna mengakses informasi di internet. Namun sejauh instansi teknis yang bertanggungjawab terhadap mobil mobil itu tak kunjung memanfaatkannya.
”Sebagai warga kami mempertanyakan fungsi mobil internet yang terkumpul dikantor Dishubkominfo yang katanya tidak lagi difungsikan,” kata Pais kepada Palu Ekspres, Selasa 27 Oktober.

Kepala Bidang Pos dan Telekomunikasi  (Postel), Ramli kepada Palu Ekpsres mengatakan, keberadaan mobil internet  sudah lama berada di kecamatan. Kini sudah ditarik dari ke Dishubkominfo. Alasannya, karena jaringan internet pada mobil itu sudah tidak tersambung lagi. Masalah ini kata dia,  sudah dikomunikasikan ke kementerian terkait sebagai penagggungjawab jaringan. Namun sejauh ini belum ada respons.

Menurut dia, mobil internet yang diluncurkan  tiga tahun lalu sempat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang jauh tinggal dari ibu kota kabupaten. Bahkan kata dia, mobil  terebut mampu memberikan akses internet hingga menembus ke desa terpencil. (ady)