Pameran Batu Akik Ikut Meriahkan HUT Sumpah Pemuda

00-AKIK

TINJAU PAMERAN – Asisten II Pemkab Poso Syahrul  Panjili saat meninjau stand pameran di Poso.

POSO, PE – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sumpah Pemuda yang ke 87 di Kabupaten Poso,  dimeriahkan dengan pameran batu akik. Pameran ini memperebutkan piala Bupati Poso. Gelaran yang berlangsung kedua kalinya untuk tingkat Se sulawesi Tengah tersebut berlokasi di kelurahan Kawua, Kecamatan Poso Kota Selatan. Dikuti oleh 35 peserta  dari komunitas batu akik lokal dan nasional, Rabu 28 Oktober.

Ketua Gamestone Poso yang sekaligus panitia lomba , Chandra, menjelaskan  lomba tersebut akan digelar selama 11 hari. Rabu 28 Oktober hingga Sabtu 7 November 2015 mendatang. Ada beberapa kriteria penilaian termasuk, cara pembuatan, motif batu hingga pemolesan. ”Pameran ini merupakan kegiatan untuk yang kedua kalinya sejak tahun 2015, ini sengaja kita lakukan secara rutin agar para pencinta dan pengrajin batu akik yang ada tidak merasa jenuh dan merasa ada perhatian dari  Pemda setempat,’’ ujarnya.

Pameran dibuka Asisten II Bagian Ekonomi dan Pembangunan, Syahrul  Panjili. Syahrul  menjelaskan pentingnya kegiatan tersebut dalam meningkatkan ekonomi kreatif  warga melalui usaha batu akik. Dia berharap kecintaan para komunitas dan perajin batu yang ada jangan pernah putus. Caranya dengan menggelar pameran. ‘’Pemda sangat mengapresiasi pelaksanaan pameran tersebut, jangan melihat dengan hadiahnya, akan tetapi lebih kepada bagaimana kita bisa memperkenalkan produktifitas batu lokal Poso yang tidak kalah dengan batu akik yang ada di daerah lain,’’jelasnya.(mg-03)