Musyawarah Aja! Biar Tetap Kompak

REMAJA

KOMPAK. Beginilah suasananya musyawarah yang dilakukan siswa saat jam istirahat.

MUSYAWARAH tuh adalah cara yang tetap banget buat kita menyelesaikan masalah dalam satu kelompok atau dalam berteman. Tapi, gimana saat momen musyawarah hanya diam aja, nggak bicara ataupun mengeluarkan pendapat. Pasti musyawarahnya nggak bakal mencapai suatu kesepakatan tuh. Kalaupun ada pasti keputusannya bakal dikeluhkan oleh salah satu pihak, jadinya nggak kompak deh.

Seperti yang dikatakan Andi Nikmatullah, musyawarah itu adalah cara yang tepat buat nyatuin ide-ide dengan teman atau anggota keluarga. Cewek asal SMK Negeri 2 Palu itu sering diajak rapat keluarga oleh papanya loh. Salah satunya waktu mau nentuin destinasi liburan beberapa waktu lalu. Keluarga Nikma ngerapatin dulu enaknya pergi ke mana, berapa lama, sampai menghitung biayanya.

“Karena topik yang dibahas santai, rapatnya juga sambil bercanda. Tapi, semua dengerin kok,” jelasnya. Bukan hanya di keluaraga, di kelas pun Nikma sering juga melakukan rapat. “Biasanya sih kalau rapat dikelas itu kita membahas mengenai iuran dan jadwal piket dikelas,” jelas dia.
Katanya neh, semua itu dirapatkan agar keputusanya bisa diterima semua anggota dan bisa kompak untuk menjalankan keputusan itu.

Selanjutnya, ada Siti Rahma siswi SMA Negeri 2 Palu. Waktu itu, dia pernah musyawarah sama teman-teman organisasinya untuk melakukan kegiatan sekolah. Yap, hasinya bisa diterima semua anggota.

“Dan alhamdulillah kegiatanya bisa berjalan lancar, jadi intinya rapat atau musyawarah itu adalah cara untuk menyelesaikan suatu masalah yang penting saat rapat kita speak up biar kompak,” ucap dia.

Rahma juga mengatakan neh sobat, dia pernah memutuskan suatu masalah di kelasnya tanpa melakukan rapat. Sehingga keputusanya itu banyak ditentang, dan akhirnya tidak kompak deh satu kelas. “Jadi jalan sendiri-sendiri dan kacau deh jadinya,” tutur dia. Nah, itukan mereka tau kalau musyawarah itu penting banget untuk menyelesaikan masalah. So, musyawarah dan speak up biar kalian kompak yah.(agusnugroho)