Di Poso Sudah 115 Desa Tahap Dua Cair

Yunirson PenyamiYunirson Penyami

POSO,PE-  Pencairan Dana Desa tahap dua di Kabupaten Poso sudah hampir rampung. Dari sejumlah 142 Desa yang telah cair yakni 115 Desa. Sementara yang belum masih sekitar 27 desa. Kepala Bagian Pemerintahan Desa Kabupaten Poso, Yunirson Penyami, yang ditemui di ruangannya, keterlambatan pencairan dana tersebut, karena pengurusan administrasi laporan pertanggungjawaban tahap pertama. ”Keterlambatan disebabkan, lambatnya berkas laporan tahap pertama,” jelasnya.

Dia mengatakan, sebanyak 27 desa yang belum cair tersebut sebagian telah memasukan berkas dan masih dalam tahap verifikasi, dan sebagian belum memasukan berkas. Dia jelaskan, sesungguhnya batas waktu yang ditentukan oleh pemerintah pusat pencairan dana desa selesai pada minggu kedua Oktober. Namun dengan keterlambatan desa tersebut, dirinya akan target pencairan dana desa tahap dua pada 10 November, sementara tahap III pada 5 Desember.”Kami target 10 November tahap dua dana desa telah selesai,” harapnya.

Dirinya juga menyesalkan kepada desa yang belum memasukan berkas, yang hanya berdiam diri di desa.”Sesungguhnya, desa yang belum cair itu, jangan hanya berdiam diri di desa, coba datang saja di kantor nanti akan di bimbing aturannya,” ujarnya. Ditanya, jika pada akhir tahun ada desa yang belum cair dana desa. Dia katakana belum mengetahui apakah dana akan hangus atau tidak.”Ha, kalau itu saya belum tau juga, apakah hangus dana itu atau tidak,” tuturnya. (mg-03)