Delapan Pemda sudah serahkan LKPD ke BPK

00-FOTO AA

SERAHKAN LKPD – Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo menyerahkan LKPD Kota Palu tahun anggaran 2015, kepada BPK Perwakilan Sulawesi Tengah, Senin 25 April 2016. (HUMAS BPK_

PALU, PE – Sejumlah daerah  telah menyerahkan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) kepada BPK Perwakilan Sulawesi Tengah. Penyerahan dilakukan oleh pimpinan daerah yang berlangsung di Kantor BPK Perwakilan Sulteng, Senin 25 April 2016.

Menurut Plh Kepala Perwakilan, Abdul Choliq, pada tahun ini pemda menyerahkan LKPD terdiri atas tujuh laporan. Masing-masing Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Arus Kas, Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LP SAL) serta Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK). Menurut Choliq, ini berbeda dengan dari tahun-tahun sebelumnya disebabkan mulai berlakunya basis akrual.

Pasca diserahkannya LKPD, BPK mempunyai waktu sedikitnya 60 hari untuk melakukan pemeriksaan. Choliq menambahan, pemeriksaan LKPD akan melahirkan  opini yang didasarkan pada sejumlah standar penilaian. Di antaranya, penyajian berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), keandalan Sistem Pengendalian Intern (SPI), penilaian kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan kecukupan pengungkapan. Pemeriksaan BPK kata dia, juga mendasarkan pada kecukupan bukti-bukti yang lengkap dan sah.

Untuk itu, Abdul Choliq meminta pemerintah daerah  menyiapkan dokumen yang dibutuhkan agar proses pemeriksaan dapat berlangsung secara baik.
Sampai dengan saat ini, pemerintah daerah yang telah menyerahkan LKPD tahun anggaran 2015, ke  BPK, yakni Pemprov Sulteng, Pemkab Morowali, Pemkab Tolitoli, Pemkab Tojo Una-una, Kota Palu, Pemkab Buol, Pemkab Banggai dan Pemkab Sigi. Sedangkan Pemda yang belum menyerahkan LKPD TA 2015 yaitu Pemkab Donggala, Pemkab Banggai Kepulauan, Pemkab Morowali Utara serta Banggai Laut. (humas bpk)