Di Hadapan Baleg DPR, Gubernur Banggakan Pertumbuhan Ekonomi

00-FOTO AA

SERAHKAN CINDERAMATA – Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyerahkan cinderamata kepada Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas, Polibu kemarin. (HUMAS PEMPROV)

PALU, PE – Pertumbuhan ekonomi Sulteng saat ini, cukup tinggi. Realisasi  pendapatan daerah memasuki triwulan dua mencapai 1,38 persen  dari total target anggaran atau 50,13 persen dari total target anggaran 2015 sebesar Rp 2,76 triliun. Pertumbuhan ekonomi Sulteng itu dikemukakan Gubernur Sulteng Longki Djanggola di hadapan Badan Legislasi DPR RI yang menggelar sosialisasi  Undang-Undang No 1 Tahun 2016 tentang penjaminan mutu Kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di ruang Polibu Kantor Gubernur kemarin.

Lanjut Gubernur, total realisasai belanja daerah mencapai Rp960,29 milyar  atau 33,84 persen dari total anggaran tersedia sebesar Rp2,83 triliun. Longki menambahkan, peningkatan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah juga tidak lepas dari kontribusi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah serta koperasi (UMKMK) yang keseluruhannya berjumlah 702,719. Dari jumlah itu, khusus untuk kelompok usaha mikro kecil, dan menengah dengan jumlah koperasi 2.253 unit.

Di tempat yang sama Kepala Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas mengatakan, sosialisasi Undang-Undang No 1 Tahun 2016 tentang penjaminan mutu Kredit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bertujuan agar implementasi Undang-Undang tersebut berjalan optimal sehingga peran lembaga penjamin dapat memberikan kontribusi positif. Supratman juga meminta otoritas jasa keuangam (OJK)  supaya membuat regulasi turunan  dari Undang-Undang tersebut berupa peraturan OJK.

Anggota Baleg lainnya dari PDIP Irwadi Lubis menyoroti susahnya pengusaha mikro mendapatkan akses perbankan. Menurutnya, mungkin lebih mudah masuk surga dari pada UMKM masuk di Bank. Ungkapan yang dikemukakan secara berkelakar menggambarkan betapa sulitnya pelaku UMKM saat berurusan dengan bank. (humas)