Cudi Blusukan di Pasar Maranatha

HAEL

KUNJUNGI WARGA – Calon gubernur Sulteng Rusdi Mastura atau disapa Cudi melaksanakan blusukan di pasar Maranatha, kecamatan Sigi Biromaru, Sabtu 19 September. Satu persatu pedagang dan pengunjung pasar tersebut ia hampiri untuk sekedar bersalaman dan meminta dukungan. (ANDRI GULTOM – PE)

SIGI, PE – Calon Gubernur Sulteng Rusdi Mastura melaksanakan kampanye di beberapa wilayah di Kabupaten Sigi sejak Sabtu, 19 September dan Minggu 20 September. Sebelum kampanye dialogis ini dimulai, Cudi sapaan akrabnya terlebih dahulu melakukan blusukan atau kunjungan di dua pasar yakni Pasar Desa Maranatha (hari Sabtu) dan Pasar Biromaru, Desa Mpanau (hari Minggu).

Tiba di pasar Maranatha, Cudi yang didampingi istri Vera Rompas Mastura, ketua tim pemenangan Suardin Suaebo dan tim koalisi, langsung ‘diserbu’ oleh puluhan pedagang dan pengunjung pasar tersebut. Sesekali sebagian pengunjung meneriaki mantan walikota Palu ini sebagai Gubernur.

“Ini gubernur kami, bung Cudi, kami pendukungmu, ” kata seorang pedagang di pasar Maranatha yang langsung mendekati Cudi dan menyalaminya.
Di pasar tradisional tersebut, Cudi yang berpakaian baju koalisi warna kuning ini satu persatu mendatangi sejumlah pedagang di area pasar untuk sekedar bersalaman. Tak lupa ia juga meminta doa dan dukungan dari masyarakat Sigi.

“Saya mohon dukungannya, kedatangan saya kali ini hanya untuk melihat kondisi saudara saya disini, pasar juga ingin saya lihat apakah layak atau tidak, ” kata pria yang berasal dari Desa Pakuli, Sigi ini.
Usai melaksanakan blusukan, Cudi bersama rombongan kemudian melanjutkan kampanye dialogis di Desa Beka, Kecamatan Dolo Barat sekira pukul 14.00 WITA. Dihadapan ratusan masyarakat, Cudi  menyampaikan gagasannya jika terpilih sebagai gubernur Sulteng bersama Ihwan Datu Adam sebagai wakil gubernur. Iapun berkomitmen untuk membangun Sulteng dua kali lebih baik dan lebih cepat dari saat ini.

“Kita akan buka jalur penghubung antara Sigi dan Sulbar. Terkait hutan lindung yang 70 persen di Sigi, seharusnya ini dicarikan jalan keluarnya untuk bisa menghasilkan ekonomi masyarakat. Contohnya kita jadikan wilayah produksi rotan, ini menghasilkan uang bagi masyarakat sekitar tanpa harus merusak ekosistem yang ada. Jika Palu membuat industri rotan, maka Sigi adalah penghasil rotannya, ini lebih bermanfaat, ” kata Cudi yang disambut tepuk tangan masyarakat.

Selama menjabat Walikota Palu dua periode, Cudi mengaku angka kemiskinan Kota Palu yang semula 14 persen kini menjadi 7 persen atau melebihi target nasional 10 persen. Pembangunan infrastruktur dapat terasa. Mall, jembatan, hotel, industri dan restoran tumbuh pesat disaat kepemimpinannya. Angka pengangguran pun dapat ditekan.

“Ini hasil dari pemerintah kota Palu. Kenapa bisa? karena kami berupaya untuk lebih cepat melakukan terobosan untuk percepatan pembangunan. Jika itu baik untuk masyarakat, saya siap mengorbankan diri dan jabatan saya, ” tegasnya.

Terkait target penurunan angka kemiskinan nol persen, Cudi pun optimis program padat karya atau zero poverty (nol kemiskinan) yang digagasnya akan dilanjutkan oleh walikota berikutnya. Program yang mempekerjakan masyarakat kurang mampu ini dianggapnya sebagai cara jitu mengurangi angka kemiskinan Palu. Program ini pun bersedia ia lanjutkan jika terpilih sebagai gubernur kedepan.

“Dari Rp 300 miliar pendapatan asli daerah murni, kami sisihkan Rp 60 miliar untuk mempekerjakan masyarakat kurang mampu di Palu. Mereka membersihkan wilayahnya, kemudian kita gaji. Manfaatnya adalah daerah bersih dan angka pengangguran bisa ditekan. Kedepan program ini akan berlanjut ke provinsi, cuman konsepnya berbeda, apakah melalui UMKM atau seperti apa, ” katanya.

Sementara itu, Jamil warga Sigi mengatakan gagasan Cudi untuk Sulteng sangat membantu masyarakat kecil. Untuk wilayah kabupaten Sigi, pasangan bertaglin RI (Rusdi – Ihwan) satu ini diprediksi menguat dalam hal keterpilihan. Sebagai warga asli Sigi, Rusdi Mastura dikenal sebagai pemimpin yang merakyat.

“Kami yakin beliau bisa menang. Karena wilayah Sigi ini sudah komitmen untuk mendukung beliau, ” kata Jamil.
Kampanye di Kabupaten Sigi untuk pasangan Rusdi Mastura – Ihwan Datu Adam dilaksanakan hingga Selasa 22 September. Untuk Senin Rusdi Mastura akan melaksanakan kampanye di Desa Bobo, Dolo Barat dan Selasa di Kecamatan Palolo.(mg02)