Potensi Zakat Baru 1 Persen yang Termanfaatkan

LANTIK BAZNAS - Gubernur Longki Djanggola melantik pengurus Baznas Provinsi Sulawesi Tengah periode 2015 – 2020LANTIK BAZNAS - Gubernur Longki Djanggola melantik pengurus Baznas Provinsi Sulawesi Tengah periode 2015 – 2020

PALU, PE – Potensi zakat di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam sangat besar. Dari 200 juta penduduk muslim diproyeksikan akan terhimpun dana sebesar Rp217 triliun. Namun sampai saat ini baru 1 persen  yang dapat terealisasi. Diharapkan, dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah terhadap Baznas, dengan berlakunya  UU Nomor 23 Tahun 2011, serta dukungan dari semua pihak termasuk kepala daerah, optimalisasi pencapaian potensi zakat dapat tercapai.

Dengan demikian program pengentasan kemiskinan kepada masyarakat dapat lebih efektif dan maksimal. Hal ini dikemukakan Wakil Ketua Baznas nasional Dr Zainul Bahar Nur, pada pelantikan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Tengah Masa Bhakti 2015 – 2020 di Gedung Pogombo Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Senin 28 September. Menurut Zainul Bahar, kedepan program peningkatan masyarakat nelayan dan petani akan dilaksanakan Baznas bekerja sama dengan pemerintah daerah. Dengan harapan, masyarakat kurang mampu yang berprofesi sebagai nelayan dan petani dapat berkurang jumlahnya dan dapat hidup dengan sejahtera.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Tengah  Longki Djanggola, berharap  pengurus baru Basnaz Provinsi Sulawesi Tengah dapat mengelola zakat dengan lebih baik dan optimal. ”Diharapkan, program – program yang dilakukan oleh Baznas  provinsi dapat menjadi model percontohan yang dapat diambil oleh Baznas pusat di dalam pengentasan kemiskinan melalui program – programnya.

Gubernur juga mengapresiasi Baznas  pusat yang telah memberikan perhatian dalam wujud pelaksanaan program – program kegiatan di dalam mendukung pelaksanaan Sail Tomini 2015 berupa bantuan sosial  berupa 4 unit ambulans  dengan total bantuan senilai Rp504 miliar. Turut hadir pada pelantikan itu, Plh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah,  Derry B. Djanggola,  Kanwil Agama Sulawesi Tengah, Zulkifli Taher. (humas pemprov)