Empat Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku Jari

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, JAKARTA – Menggigit kuku jari adalah salah satu bentuk dari ketidakseimbangan emosional.

Kendati cukup umum dilakukan, namun onychophagia, istilah medisnya, ternyata dapat berkontribusi terhadap beberapa masalah kesehatan.

Bacaan Lainnya

Apa saja itu, berikut beberapa masalah kesehatan yang disebabkan kebiasaan menggigit kuku jari seperti diambil dari MensHealths.com:

1. Infeksi

Kuku jari yang digigit beresiko menyababkan terksposnya kulit didasar kuku. Ketika bakteri atau patogen dari mulut merangsek, dapat menyebabkan infeksi bernama paronikia dan menyebabkan pembengkakan, kemerahan, rasa sakit dan nanah.

2. Gangguan pencernaan

ketika jari tangan masuk ke dalam mulut, maka ini memungkinkan mikroorganisme untuk menyusup ke dalam sistem pencernaan. Selain gangguan pencernaan, kebiasaan ini juga kerap menyebabkan flu.

3.Kuku jari tumbuh ke dalam daging

Gigitan dapat menyebabkan infeksi serius yang menyebabkan kerusakan pada lapisan “matrix’ kuku. Hal ini dapat memicu kuku jari tumbuh ke dalam daging. Ini sangat menyakitkan.

4. kerusakan gigi dan gusi

Soket yang menahan akar gigi bisa saja rusak akibat kebiasaan ini. Tidak hanya menyebabkan gigi tidak lagi rata, menggigit kuku juga dapat menyebabkan penyakit gusi atau gingivitis.

(ruf/fajar)

Pos terkait