Sebelum Terjadi, Kenali Tanda-tanda Kanker Kulit Ini

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, JAKARTA – Kasus kanker kulit marak diperbincangkan saat menimpa menantu Hatta Rajasa, Adara Taista. Sempat bertahan selama beberapa waktu, Adara mengembuskan napas terakhirnya pada 19 Mei 2018 lalu saat usianya 27 tahun.

Kanker kulit pada dasarnya terjadi bila ada pertumbuhan sel yang tidak normal pada kulit. Umumnya, penyakit ini terjadi pada daerah yang sering terpapar sinar matahari.

Bacaan Lainnya

“Ada tiga jenis kanker kulit yang umumnya terjadi, yaitu melanoma, karsinoma sel basal (basal-cell carcinoma), dan karsinoma sel skuamosa (squamous cell carcinoma),” ujar dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter.

Mengenal penyebab kanker kulit

Dilansir dari Prevention, kanker kulit adalah jenis kanker yang paling umum di Amerika Serikat. Diketahui bahwa penyakit tersebut dapat menyerang segala usia, khususnya pada mereka yang berusia 50 tahun ke atas, warna kulit terang, dan punya riwayat keluarga kanker kulit.

Selain itu, menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari juga dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit. Hal ini terjadi karena sinar ultraviolet (UV) dapat merusak DNA di sel kulit dan menyebabkan terjadinya mutasi. Kondisi itu menyebabkan sel-sel tumbuh tak terkendali hingga membentuk tumor.

Tak sebatas itu, risiko kanker kulit juga bisa lebih tinggi bila Anda memiliki kondisi-kondisi berikut ini:

1. Memiliki rambut merah
2. Memiliki banyak tahi lalat di tubuh
3. Hidup di tempat yang tinggi
4. Sering terkena paparan radiasi

Deteksi dini kanker kulit

Pemeriksaan diri sendiri adalah cara terbaik untuk mengenali tanda awal kanker kulit. Anda cukup melakukannya sebulan sekali di depan cermin besar yang dapat menampakkan satu badan penuh.

Sebagai tambahan, gunakan pula satu cermin kecil untuk melihat area tubuh yang sulit dijangkau, seperti lipatan paha.

“Periksa semua bagian tubuh, tanpa kecuali, termasuk telapak tangan dan kaki, kulit kepala, telinga, kuku, serta punggung. Kenali adanya bintik, bercak, ataupun benjolan yang tidak pernah ada sebelumnya,” kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Mega menjelaskan bahwa tidak semua bintik, bercak, maupun benjolan yang baru timbul adalah gejala kanker kulit. Kelainan yang dicurigai sebagai kanker kulit biasanya memiliki sifat berikut ini:

Pos terkait