Inilah Misi Rahasia Dibalik Tur Raja Salman ke Indonesia

  • Whatsapp
Raja Arab Saudi

JAKARTA, PE – Raja Arab Saudia Salman bin Abdulaziz Al Saud akan mengungjungi beberapa negara berkembang di Asia bulan depan.

Dalam kunjungannya ke negara Asia, Raja Salman terlebih dahulu ke Indonesia selama sembilan hari. Waktu ini juga dibilang paling lama dalam turnya di negara Asia. Setelah di Indonesia, Penguasa Kerajaan Arab Saudi ini akan ke Malaysia, Jepang dan Tiongkok seperti dilansir oleh Daily Mail, Jumat (24/2).

Bacaan Lainnya

Kunjungannya sebagai penguatan hubungan ekonomi dengan Asia. Dalam kunjungannya ke Indonesia, Salman membawa 1.500 rombongan dan 10 menteri salah satunya Menteri Energi Khalid al-Falih.

Lawatan ini adalah perjalanan pertama raja di luar Timur Tengah dan Afrika Utara sejak dia mengunjungi Amerika Serikat pada tahun 2015. Bank-bank Asia dan perusahaan di Asia juga diharapkan memainkan peran utama untuk mengembangkan industri non-minyak dan memperluas investasi internasional.

Kerajaan pada bulan Agustus lalu telah menandatangani 15 perjanjian awal dengan Tiongkok. Kerajaan juga sepakat untuk menginvestasikan hingga USD 45 miliar pada teknologi baru dengan Jepang SoftBank Group.

Raja Salman akan melakukan perjalanan ke Jakarta dan Bali di Indonesia dari 1-9 Maret, dan Jepang dari 12-14 Maret. Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung mengatakan, pemerintah berharap kunjungan ini akan membawa investasi Saudi sampai USD 25 miliar. Perusahaan energi milik negara Pertamina dan Aramco bekerja sama untuk meng-upgrade kilang terbesar di Indonesia dan mencari peluang lain.

Delegasi Saudi akan tinggal di tujuh hotel bintang 5 di Nusa Dua, Bali. Salman juga diproyeksikan untuk pergi ke Malaysia dan China. Kerja sama juga dilakukan di bidang keamanan dan militer. Malaysia dan Indonesia tercatat sebagai anggota dari Aliansi Militer Islam Arab yang terbentuk lebih dari setahun yang lalu.

(Fajar/jpg/PE)

Pos terkait