Siap-siap! Tiket KA Mudik Lebaran Dibuka 17 Maret

  • Whatsapp
Kereta Api

JAKARTA, PE – Bagi yang ingin mudik lebaran dengan moda kereta api, pemesanan tiket sudah bisa dilakukan minggu depan.

Vice President Corporate Communication PT Kereta Api Indonesia Agus Komarudin mengungkapkan, pemesanan bisa dilakukan H-90 sebelum tanggal keberangkatan. Untuk angkutan lebaran, tiket bisa dibeli mulai 17 Maret 2017 untuk keberangkatan H-10.

Bacaan Lainnya

”Untuk berangkat H-10 atau tanggal 15 Juni 2017, berdasarkan perhitungan manual, tiket dijualnya tanggal 17 Maret 2017 (H-90),” ujarnya kemarin (10/3).

Karenanya, lanjut dia, bagi calon penumpang yang ingin membeli tiket mudik dengan menggunakan moda kereta api diharapkan sudah mengantisipasi jadwal pembelian. Dengan begitu, mereka tidak akan kehabisan tiket untuk keberangkatan yang diinginkan.

”Prediksi tanggal-tanggal favorit itu biasanya H-5 (keberangkatan 20 Juni, red) dijualnya pada 22 Maret. Lalu H-4, H-3 dan seterusnya. Lalu yang sudah libur, misalnya mulai 22 Mei,” tuturnya.

Pembukaan pembelian tiket angkutan lebaran ini dipastikan akan diserbu berjuta-juta orang secara bersamaan.
Oleh sebab itu, Agus menuturkan, pihaknya tengah menyiapkan sejumlah server gate yang bisa menampung banyak pengakses.

Diharapkan, tidak akan terjadi down server saat para pengguna mulai masuk ke laman pemesanan.
Agus mengungkapkan, pihaknya juga tengah menyiapkan data-data untuk operasional angktan lebaran 2017.

Data tersebut termasuk rencana pengoperasian tiga rangkaian kereta baru hingga prediksi jumlah penumpang angkutan lebaran tahun ini.

”kami masih menyiapkan datanya. Prediksi ada (kenaikan) namun tidak jauh beda dengan tahun lalu,” ungkapnya.

Disinggung soal KA tambahan, Agus mengungkapkan tak menutup kemungkinan tersebut. Namun hingga kini masih dalam proses pembahasan di internal KAI terkait jumlah dan rute.

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah mulai membuka pendaftaran mudik motor gratis (motis) pada 15 Februari 2017. Tahun ini, angkutan motor gratis akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
Sebab, angkutan motor gratis hanya diselenggarakan dengan mengunakan moda kereta.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono mengungkapkan, antusias warga mengikuti angkutan motor gratis ini cukup besar.

Pos terkait