Para Lulusan Perguruan Tinggi, Ini Harapan Wapres Terhadapmu

  • Whatsapp
Para Lulusan Perguruan Tinggi, Ini Harapan Wapres Terhadapmu
Para Lulusan Perguruan Tinggi, Ini Harapan Wapres Terhadapmu. Wapres Ma’ruf Amin saat menyampaikan Orasi Ilmiah pada Wisuda IX Institut Agama Islam (IAI) Bani Fattah Tahun Akademik 2022-2023, di IAI Bani Fattah, Jombang, Jawa Timur/ Foto: BPMI Setwapres

Para lulusan perguruan tinggi sebagai kaum intelektual Anda diharapkan dapat menjawab persoalan yang terjadi di tengah masyarakat  yang semakin berkembang dan kompleks.

Maka Wakil Presiden RI KH Ma’ruf mengatakan ke depan diperlukan banyak ahli ilmu yang mampu menemukan berbagai solusi untuk mengatasi bukan hanya permasalahan baru, tetapi juga permasalahan lama yang bertransformasi.

“Masalah-masalah kebangsaan, masalah global, masalah antara muslim dan non muslim, itu semua persoalan yang harus dijawab,” ujar Wapres Ma’ruf Amin saat menyampaikan Orasi Ilmiah pada Wisuda IX Institut Agama Islam (IAI)  Bani Fattah Tahun Akademik 2022-2023, di IAI Bani Fattah, Jombang, Jawa Timur, Rabu (15/03/2023).

Menurut Wapres, selain masalah-masalah baru atau masail jadidah, ada juga masalah lama yang mengalami perubahan atau masail mustajaddah terutama di bidang ekonomi, ada transaksi-transaksi yang baru, yang dahulu tidak ada, [sekarang] dengan elektronik, dengan berbagai sistem.

Itu yang kemudian harus dijawab oleh para lulusan perguruan tinggi. Karena itu, kata Wapres, kita harus mendalami [berbagai ilmu] terus dan terus. “[sebagaimana] juga saya [sering] sampaikan dalam berbagai forum,” kata Wapres. 

Adapun untuk memperoleh berbagai ilmu pengetahuan, sambung Wapres, salah satunya dengan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan belajar secara terus menerus.

“Saya bilang S1 tidak cukup [atau] belum cukup, S2 belum cukup, S3 belum cukup juga, harus terus [belajar],” pintanya.

Lebih jauh, pada kesempatan ini Wapres mengingatkan bahwa para wisudawan dan wisudawati IAI Bani Fattah Jombang adalah pengganti ulama-ulama terdahulu.

“Bekali [diri] kalian dengan ilmu pengetahuan. Karena apa? Karena para ulama [terdahulu] itu sudah [wafat] satu [per] satu, hari ini, wisuda ini almaghfurlah Kiai Jamal sudah tidak ada, [padahal] wisuda tahun yang lalu masih ada, tapi sekarang tidak ada. Harus ada penggantinya,” ungkapnya.

Di lokasi tersebut, Wapres memberikan orasi ilmiah kepada wisudawan dan wisudawati angkatan ke-9 Bani Fattah. Ia berpesan agar mereka tidak berhenti dalam menuntut ilmu dan mengembangkan diri, serta terus berjuang dalam kehidupan di masa mendatang.

Pos terkait