Menghadap Pangdam V/Brawijaya, Kyai dan Tokoh Madura Gagas Rumah Rehabilitasi Narkoba

  • Whatsapp
Menghadap Pangdam V/Brawijaya, Kyai dan Tokoh Madura Gagas Rumah Rehabilitasi Narkoba

Menghadap Pangdam V/Brawijaya, Kyai dan Tokoh Madura Gagas Rumah Rehabilitasi Narkoba. Sejumlah ulama dan tokoh Kyai Madura menghadap Pangdam V/Brawijaya. Para kyai dan tokoh Madura menggagas rumah rehabilitasi Narkoba.

Memang menurut Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf, mencegah tumbuh kembangnya radikalisme dan penyalahgunaan narkoba serta menyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan, tak cukup dengan pertemuan-pertemuan.

Makanya Pangdam V/Brawijaya, mengamini gagasan kyai dan tokoh Madura untuk membangun rumah rehabilitasi narkoba itu.

Pangdam mengatakan mencegah tumbuh kembangnya radikalisme dan penyalahgunaan narkoba harus dengan aksi nyata. Pekerjaan yang tak ringan, tapi harus dilakukan demi masa depan generasi bangsa.

Hal ini terungkap dalam pertemuan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf dengan pengurus Ikatan Kyai dan Tokoh Madura (Iktoma) di Ruang Bung Tomo, Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Kamis (30/3/2023).

“Saya ingin Iktoma, selain mencanangkan aksi melawan radikalisme di Madura, juga mulai merancang program untuk melawan narkoba. Jadi supaya Iktoma tak cuma selesai pada wadah berkumpul dan pertemuan-pertemuan saja tapi punya aksi nyata. Itu agar masyarakat merasakan manfaat kehadiran Iktoma,” pinta Mayjen TNI Farid Makruf, MA.

Asops Kasdam IX/Udayana 2013—2014 ini menyahuti program Rumah Rehabilitasi Narkoba dan kerjasama pengamanan wilayah yang mereka gagas. Ia juga meminta agar kepengurusan perkumpulan ini diisi oleh anak-anak muda energik yang paham teknologi informasi untuk menyebarkan gagasan dan aksi nyata mereka.

“Kita akan meminta pemerintah kabupaten dan Kodim setempat untuk mendukung program-program Iktoma yang bermanfaat untuk masyarakat,” sebut Pangdam.

Penegasan itu disambut dengan kelegaan oleh para pengurus Iktoma. Terkait kelahiran perkumpulan ini, Sekjen Iktoma Nur Hamidi menyatakan ini ibarat gayung bersambut, antara para kyai dan tokoh yang gelisah melihat banyak permasalahan kemasyarakatan dengan Pangdam V/Brawijaya yang ingin agar mereka bersatu melawan radikalisme dan narkoba serta menyelesaikan persoalan sosial lainnya. Akhirnya, Iktoma dideklarasi dan dikukuhkan oleh Mayjen TNI Farid Makruf, MA di Sampang, Madura pada 1 Maret 2023.

Pos terkait