Maria Amanda Yeane Sandipu

  • Whatsapp

Oleh Tasrief Siara

SAYA baru mengenal nama lengkapnya: Maria Amanda Yeane Sandipu, justru ketika ia wafat secara mengenaskan. Selama ini hanya Manda atau Maria yang saya tau.

Bacaan Lainnya

Ia berlalu begitu cepat dan tak terduga. Jumat siang kemarin akhir dari perjalanan hidupnya, juga mengakhiri ketukan terakhir dari tuts keyboard komputer di kantornya, Harian Palu Ekspres.

Sekira tiga tahun lalu, saya “ditugasi” oleh seorang kawan anggota Aliansi Jurnalis Independen  Palu untuk program peningkatan kapasitas jurnalis muda. Saya dipercaya untuk menfaslitasi – semacam membimbing- tiga jurnalis muda untuk melahirkan satu karya jurnalistik yang memenuhi  kaidah jurnalistik, juga memberi pengaruh pada publik, dan yang utama meningkatkan kualitas intelektual jurnalis.

Satu diantara jurnalis muda itu adalah Maria Amanda Yeane Sandipu.

Program peningkatan kapasitas jurnalis muda itu kerjanya lebih dari sebulan. Hanya Manda yang serius mengikutinya, dua kawannya seperti tak minat. Dari program ini saya sering berjumpa dan berdiskusi serius dengan Manda.
Saya menawari liputan investigasi tentang tambang galian C yang beroperasi disepanjang arah Palu – Dongggala. Ketika saya sodori topik itu, Manda merespons dengan mata berbinar, “saya suka itu kak, menarik dan menantang”. Begitu katanya dengan penuh semangat.

Ketika bertemu pertama kali dengan Manda untuk program peningkatan kapasitas jurnalis muda itu, saya bilang padanya, anggaplah tugas ini semacam program untuk naik kelas, karena selama ini kerja jurnalis biasanya hanya memburu pernyataan atau komentar  narasumber, kemudian  berpindah ke narasumber lainnya.
Selanjutnya jadilah berita. Kata kawanku, Itu disebut dengan spoken news. Kawan lainnya menyebut dengan Jurnalisme Pernyataan.
Selanjutnya saya minta Manda menyusun perencanaan liputan, karena liputan investigative itu mengharuskan adanya semacam Term of Reference (TOR).

Saya bilang pada Manda, pertanyaan besar yang harus masuk dalam TOR itu adalah, adakah pengaruhnya antara beroperasinya tambang galian C itu dengan peningkatan kesejahteraan warga di sekitar daerah tambang.

Berikutnya adakah dampak yang terjadi terhadap kualitas lingkungan dan kesehatan masyarakat. Berikutnya lagi, lahirkan sejumlah anak-anak pertanyaan, dan tetapkan siapa narasumber yang harus dihubungi dengan sejumlah pertanyaan itu.

Pos terkait