DLH Sulteng Uji Lab Pastikan Air Sungai Pondo Poboya Aman dari Limbah

  • Whatsapp
DLH Sulteng Uji Lab Pastikan Air Sungai Pondo Poboya Aman dari Limbah
DLH Sulteng mengambil sampel air Sungai Pondo Poboya. Foto: Istimewa

Palu, PaluEkspres.com- Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Tengah beserta Polda Sulteng serta Polresta Palu Senin pagi (21/8/2023) berkunjung langsung ke PT CPM terkait video yang viral di media sosial yang menyatakan jika air limbah PT CPM dialirkan ke Sungai Pondo.

Setiba di Site PT CPM, tim DLH berserta aparat kepolisian tersebut diterima oleh pimpinan CPM dan kemudian meninjau dan melihat langsung kondisi Sungai Pondo atau dilokasi sesuai dengan video yang viral tersebut.

Dalam kunjungan tersebut tim Uji Laboratorium DLH Sulteng langsung mengambil sampel air Sungai Pondo yang yang kondisinya terlihat bening dan tak keruh.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Sulteng, Moh Natsir mengatakan pihaknya langsung menindak lanjuti dengan melakukan kunjungan langsung ke PT CPM, Senin (21/8/2023) pascavideo tersebut viral di media sosial.

“Hari ini kami melakukan pengamatan langsung dan mengambil sampel air di Sungai Pondo untuk selanjutnya diuji lab,” kata Moh Natsir

Moh Natsir mengemukakan untuk membuktikan kualitas air tersebut pihaknya akan melakukan uji lab dengan menggunakan 16 parameter.

“Hasil dari uji lab tersebut dalam waktu 14 hari kerja,” jelasnya.

Manager Government Relation and Permit PT CPM, Amran Amier menegaskan dalam operasionalnya CPM tidak pernah membuang limbah ke sungai pondo seperti dalam video yang viral di media sosial yang menyatakan air yang keruh di sungai pondo karena adanya limbah dari CPM.

“Dalam operasional perusahaan tidak pernah membuang limbah ke lingkungan karena pengelolaan limbah menerapkan sistem close circuit,” katanya.

Amran Amier juga mengatakan untuk hasil pemantauan air limbah berdasarkan KepMen No 202 tahun 2004 Lampiran 2 yang dipantau setiap bulan, juga telah dilakukan uji laboratorium oleh Global Quality Analitical dan seluruh parameternya berada di bawah baku mutu.

“Untuk kekeruhuan air di Sungai Pondo dikarenakan adanya curah hujan yang tinggi di bagian hulu sungai sehingga menyebabkan kekeruhan hingga ke hilir sungai dan saat ini kondisi air di sungai Pondo jernih,” jelasnya.

Amran menambahkan dalam operasionalnya CPM berkomitmen dan bertekad beroperasi secara aman dan bertanggung jawab serta terus menerus berusaha menciptakan suatu lingkungan kerja yang aman dan kondusif. (bid/paluekspres)

Pos terkait