Ini Survey Terbaru Negara Paling Bahagia di Dunia, Siapa di Peringkat Pertama?

  • Whatsapp

JAKARTA, PE – Norwegia menggeser posisi Denmark sebagai negara paling bahagia di dunia. Hasil survei ini dirilis World Happiness Report, sebuah badan yang merupakan bagian dari PBB.

Selain Norwegia dan Denmark, posisi lima besar ditempati Islandia, Swiss, dan Finlandia. Kemudian ada Belanda, Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Swedia melengkapi 10 Besar.

Amerika Serikat dan Inggris berada di posisi 14 dan 19. Sementara, di posisi bawah, yang artinya negara paling tidak bahagia, dipenuhi negara-negara dari Afrika dengan Republik Afrika Tengah di posisi terbuncit.

Negara paling tidak happy adalah Yaman, Sudan Selatan, Liberia, Guini, Togo, Rwanda, Syria, Tanzania, Burundi, dan Republik Afrika Tengah.

Cara mendapatkan angka tersebut berdasar survei sederhana kepada seribu subjek setiap tahun di 150 negara. ”Bayangkan tangga dengan anak tangga mulai 0 di bagian bawah dan 10 di bagian atas,” kata pernyataan dalam survei itu.

”Anak tangga paling tinggi mewakili kehidupan terbaik buat Anda dan anak tangga terbawah adalah kehidupan terburuk buat Anda. Secara personal, dimanakan Anda berdiri saat ini?” sambung survei itu.

Angka skor survei berkisar dari 7,54 untuk Norwegia dan 2,69 untuk Republik Afrika Tengah.

Survei itu juga berusaha menganalisa mengapa satu negara lebih bahagia dari negara lain. Jadi, ada perhitungan juga untuk pendapatan per kapita, dukungan sosial, harapan hidup, kebebasan, kemurahan, dan pemahaman atas korupsi.

Tahun ini, perhitungan juga mencakup kebahagian Amerika. Perhitungan itu demi mengetahui mengapa level kebahagiaan di AS jatuh meski perekonomian membaik. ”Krisis Amerika adalah krisis sosial, bukan krisis perekonomian,” ujar Jeffrey Sachs, direktur Sustainable Development Solutions Network, yang mempublikasikan hasil survei itu. Ditambahkan Sachs, kebijakan Presiden Donald Trump sepertinya ikut andil dalam turunnya level kebahagiaan masyarakat AS.

(reuters/bbc/tia/jpnn/PE)

Pos terkait