Kawasan Tambang Morowali Terdampak Gempa Magnitudo 5,1

  • Whatsapp

Morowali, PaluEkspres.com  – Gempa magnitudo 5,1 mengguncang Kabupaten Morowali pada Jumat dinihari (31/5/2024) sekitar pukul 01.08.19 Wita, menimbulkan kerusakan pada sejumlah sejumlah infrastruktur.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Gunawan selaku kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Morowali, menjelaskan, gempa dengan magnitudo 5,1 yang melanda Kabupaten Morowali pada dinihari tadi, menyebabkan sejumlah rumah rusak berat hingga ringan.

Data yang diperoleh dari lapangan lanjutnya, gempa yang berpusat di sekitar Kecamatan Bahodopi, tepatnya di Desa Bahodopi dan Desa Fatufia.

Sebagaimana diketahui, di Desa Bahodopi terdapat kawasan tambang di antaranya kawasan industry pertambangan PT IMIP.

Gempa ini menyebabkan satu unit rumah mengalami rusak berat dan 2 unit rumah rusak ringan, serta satu unit rumah ibadah terdampak.

Hingga berita ini dipublikasikan, belum diperoleh laporan mengenai korban jiwa akibat gempa bumi pada dinihari tadi.

Sebelumnya diberitakan, Kabupaten Morowali diguncang gempa magnitudo 5,1 pada Jumat (31/5/2024) sekitar pukul 01.08.19 Wita.

Berdasarkan laporan BMKG, pusat gempa berada sekitar 31 kilometer arah tenggara Kabupaten Morowali, tepatnya di 2,76 Lintang Selatan dan 122,18 Bujur Timur.

Gempa kali ini yang mengguncang kabupaten kaya tambang itu tergolong gempa dangkal karena kedalaman pusat gempa adalah 10 kilometer.

Namun menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami. (bid/paluekspres)

Pos terkait