Anies Bakal Adopsi Gaya Kepemimpinan Soeharto?

  • Whatsapp
Anies Baswedan

PALU EKSPRES, PALU – Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku, sangat mengagumi sosok dua mantan Presiden RI yakni Soekarno dan Soeharto. Menurut dia, keduanya merupakan pemimpin yang memiliki kepribadian yang stabil.

“Ketika pribadinya stabil maka dalam menghadapi masalah apapun dengan respon dan tutur bahasa yang stabil juga, enggak pernah tuh bentak-bentak warganya,” kata Anies di Posko Pemenangan Anies-Sandi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/4).

Bacaan Lainnya

Cagub yang diusung PKS dan Gerindra itu mengatakan, pelajaran yang dia dapat dari sosok Soeharto dalam pembangunan Indonesia yaitu selalu memanggil para pakar.

“Dia minta kerjakan, bisa saja kita tidak setuju dengan itu, tapi proses pengerjaannya menarik sebagai seorang pemimpin yang melibatkan para pakar (ahli di bidangnya),” ujarnya.

Selain Sosok Soeharto, Anies juga mendapatkan pelajaran dari sosok sang Proklamator, Soekarno. Dia kerap menggunakan bahasa sederhana tapi bisa menggerakan masyarakat Indonesia menuju pada kemerdekaan.

“Dari Pak Soekarno yang saya pelajari itu, pesan yang mudah dipahami tapi membuat semua orang terpanggil,” ungkap mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

Oleh karenanya, apabila dirinya terpilih sebagai orang nomor satu di DKI, dia akan mengadopsi cara komunikasi Soekarno dan Soeharto demi perubahan Jakarta yang lebih baik.

(uya/JPG/PE)

Pos terkait