Mulai Bulan Juli Ganja Bebas Dijual di Apotek dengan Harga…

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, URUGUAY – Kebijakan melegalkan penjualan ganja di apotek telah disahkan pemerintah Uruguay.

Uruguay tentunya akan menjadi negara pertama di dunia yang memberlakukan aturan kontroversial ini.

Bacaan Lainnya

“Ganja akan dipasok ke apotek mulai Juli mendatang,” terang Kepala Dewan Obat Nasional Juan Andres Roballo sebagaimana dilansir laman AFP, Jumat (7/4).

Sebelumnya, negara di benua Amerika Latin ini sudah melegalkan produksi, penjualan, dan konsumsi ganja pada 2013 lalu.

Namun, aturan tersebut ternyata belum diterapkan sepenuhnya. Karena itu, keputusan mengesahkan penjualan ganja di apotek merupakan babak akhir penerapan aturan itu.

Nantinya, warga harus melakukan pendaftaran sebelum membeli ganja. Selain itu, pembelian juga dibatasi, yakni maksimal 40 gram per bulan.

Tiap gram ganja akan dijual seharga USD 1.30. Ganja itu akan dijual per paket, masing-masing lima atau sepuluh gram.

“Pendaftaran yang hanya terbuka untuk warga dan penduduk tetap akan dimulai pada 2 Mei,” kata Sekretaris Jenderal Dewan Obat Nasional Diego Olivera sebagaimana dilansir laman BBC, Jumat (7/4).

Meski begitu, tak semua ganja bisa dijual dengan bebas di apotek. Sebab, pemerintah setempat juga menerapkan aturan sangat ketat. Ganja yang dijual berasal dari ladang-ladang yang diawasi negara.

Di sisi lain, warga juga diizinkan menanam ganja di rumah. Warga juga diperkenankan bergabung dengan asosiasi penanam ganja.

Hingga saat ini, hanya 16 apotek yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menjual ganja. Pemerintah berharap, sebanyak 30 apotek bekerja sama saat aturan itu diterapkan.

(Fajar/PE)

Pos terkait