Bagi-bagi Sembako Bagian dari Korupsi

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, JAKARA – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto berharap Pilgub DKI Jakarta berjalan bersih, jujur dan adil.

Namun, yang terjadi beberapa hari belakangan malah ditemukan beragam kasus politik uang berupa pembagian sembako di masyarakat.

Bacaan Lainnya

Menurut Bambang, bentuk money politic berupa bagi-bagi sembako itu sama dengan tindak korupsi.

“Kalau kita mau antikorupsi maka kita lawan politik uang, dan menerima sembako sama dengan korupsi,” katanya, usai melakukan pertemuan di kediaman Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (16/4).

Dikatakan Bambang, Indonesia sedang memperkokoh pondasi demokrasinya. Sehingga demokrasi haruslah dibangun atas azaz kejujuran dan tanpa intimidasi terlebih jika menyuap masyarakat dengan sembako.

“Kita sedang membangun demokrasi, kalau hal seperti money politic terjadi massif di Jakarta maka ini berlawanan dengan proses pendewasaan demokrasi,” terangnya.

Menurut Bambang, Pilgub DKI Jakarta juga harus berjalan dengan baik dan berkualitas, sehingga money politic harus disikapi dan tidak boleh dibiarkan.

“Ditakutkan jika money politic dibiarkan maka itu sama saja kita sedang menulis sejarah suram pilkada di Indonesia,” ucapnya.

(jar/rmol/mam/JPG)

Pos terkait