Bersiap Hadapi Perang dengan Korut, Warga Jepang Bikin Shelter Nuklir di Rumah

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, OSAKA – Ancaman Korea Utara yang agresif menunjukkan kekuatan militer serta launching rudal serta tes nuklirnya, membuat warga Jepang cemas. Mereka bersiap menghadapi yang terburuk. Salah satunya dengan membuat shelter nuklir di rumah.

Tidak perlu membangun sendiri. Sudah ada perusahaan yang menawarkan pembuatan shelter underground sesuai kebutuhan dan permintaan. Klaim mereka, belakangan ini permintaan naik pesat. Salah satunya perusahaan Oribe Seiki Seisakusho yang berbasis di Kobe, Japan.

Bacaan Lainnya

Mereka mengatakan, sebelumnya dalam setahun, perusahaan paling banyak menerima enam pesanan shelter. Tetapi, hanya di April ini mereka sudah mendapatkan delapan order. Pun demikian dengan perusahaan Earth Shift. Order mereka naik 10 kali lipat.

Forografer Reuters baru-baru ini masuk shelter model yang ditawarkan Shelter Co. Shelter tersebut berada di rumah CEO Shelter Co. sendiri, Seiichiro Nishimoto.

Terletak di Osaka, shelter tersebut berupa ruang bawah tanah kedap udara yang dilengkapi pintu anti-ledakan, penyaring udara anti-radiasi, pintu keluar lorong bawah tanah, TV, masker gas, dan pendukung darurat lain.

Untuk membuat shelter itu tidak terlalu menyeramkan, Shelter Co. memilih gaya tropikal sebagai tema ruangan. Dinding dicat biru terang dan dilengkapi wallpaper yang bernuansa pantai. Pada 2009 kepada AFP, Nishimoto mengklaim perusahaannya mengalami peningkatan permintaan saat Korea Utara mengumumkan mengenai peluncuran rudal balistik mereka kepada Jepang.

(Reuters/tia)

Pos terkait