Soal Rotasi Sekwan, DPRD Parigi Moutong Surati Gubernur

  • Whatsapp
Soal Rotasi Sekwan, DPRD Parigi Moutong Surati Gubernur.
Soal Rotasi Sekwan, DPRD Parigi Moutong Surati Gubernur.

Parigi Moutong, PaluEkspres.com – DPRD Parigi Moutong layangkan surat ke Gubernur Sulawesi Tengah terkait pergeseran Sekretaris Dewan Kabupaten Parigi Moutong.

Ketua DPRD Parigi Moutong, Sayutin Budianto mengatakan, terkait hal ini pihaknya telah melakukan rapat pimpinan yang melibatkan ketua fraksi dan sejumlah anggota DPRD lainya, Senin (21/8/2023).

“Pimpinan DPRD, saya sendiri dengan beberapa anggota, sejumlah pimpinan fraksi akan berangkat ke Jakarta, Kamis 24 Agustus 2023, untuk menemui komisi aparatur sipil negara (KASN), sekaligus ke Kemendagri. Sebelum kesana, saya ke Gubernur dulu,” ujar Sayutin.

Tujuanya menemui Gubernur dan pihak KASN kata dia, bukan hanya persoalan pergantian Sekwan. Namun, ada beberapa persoalan juga akan disampaikan ke KASN dan pihak terkait lainya.

Sebelumnya, di beritakan belasan pejabat dilingkungan eselon II Setda Parigi Moutong dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Bupati Samsurizal Tombolotutu, di rumah jabatan (Rujab), Jumat (18/8/2023).

Pejabat ini dilantik, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Parimo, Nomor: 800.1.3.3/782/BKPSDM tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama tahun 2023.

Adapun nama pejabat yang dilantik, di antaranya.

  1. Adrudin Nur, S.Pd, M.Si, jabatan lama Kepala Inspektorat Daerah, jabatan baru Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Parigi Moutong.
  2. Moh. Yasir, SE, MM, jabatan lama Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, jabatan baru Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Parigi Moutong.
  3. Yusnaeni S. Sos, jabatan lama Kepala Dinas P3AP2KB, jabatan baru Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Parigi Moutong. 
  4. Abd. Azis Tombolotutu S.I. Kom, jabatan lama Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, jabatan baru Kepala Inspektorat Daerah Parigi Moutong.
  5. Drs. Aminudin, jabatan lama Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, jabatan baru Kepala Badan Kesbangpol Parigi Moutong.
  6. Mahmud M. Tandju, SH. MH, jabatan lama Kepala Dinas Sosial, jabatan baru Kepala BKPSDM Parigi Moutong.
  7. Aswini Dimple, SKM, M. Kes, jabatan lama Plt. Asisten Bidang Administrasi Umum, jabatan baru Kepala Dinas PMPTSP Parigi Moutong.
  8. Muh. Sakti Lasimpala, S. Pd, SE, MM, jabatan lama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, jabatan baru Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Parigi Moutong.
  9. Fit Dewana, S. STP, jabatan lama Kepala Dinas PMPTSP, jabatan baru Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Parigi Moutong.
  10. Mohamad Nasir,S.Pi, M. Si, jabatan lama Kepala Dinas Ketahanan Pangan, jabatan baru Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Parigi Moutong.
  11. Syamsu Nadjamudin, S.Pd, jabatan lama Kepala Dinas Nakertrans, jabatan baru Kepala Dinas Perhubungan Parigi Moutong.

12.Ir. Lewis, dilantik menjabat Sekertaris DPRD Parigi Moutong, menggantikan Alina Deu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Samsurizal mengatakan, pergeseran yang dilaksanakan saat ini, tidak berpengaruh pada kondisi pejabat. Melainkan, karena kebutuhan organisasi.

“Ada satu jabatan baru, akan muncul dan hanya Kabupaten Parigi Moutong yang diberikan, yaitu eselon II. Namun tidak punya kantor, gabung dengan Bupati. Umur pejabatnya minimal 58, dan maksimal 65 tahun,” katanya.

Ia menambahkan, untuk jabatan yang belum ditempati akan dilelang pada 25 Agustus 2023, dan pelantikan akan dilakukan 28 Agustus 2023.

“Dan yang baru dilantik sekarang, kalau bermasalah dan ada laporan, akan saya ganti lagi,” ujarnya. (asw)

Pos terkait