Moutong Akan Jadi Percontohan Penanganan Stunting di Sulteng

  • Whatsapp
Kepala Puskesmas Moutong, Yasir Sam (Ketiga dari kiri) saat menerima penghargaan dari Pemkab Parimo/ Foto: Aswadin/ PaluEkspres

PALUEKSPRES,PARIMO- Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong akan menjadi wilayah percontohan penanganan stunting di Sulawesi Tengah.

“Mungkin karena keseriusan Pemkab Parimo menangani stunting, sehingga Pemerintah Provinsi memilih Kecamatan Moutong menjadi wilayah percontohan penanganan stunting,” kata Kepala Puskesmas (Kapus) Moutong, Yasir Sam, SKM.

Bacaan Lainnya

Menurut Yasir, sebelumnya 18 desa di Kecamatan Moutong menjadi lokus stunting. Namun, berkat keseriusan pemerintah dalam penanganan itu, sehingga di tahun 2022 ini pihaknya tinggal menangani 3 desa lokus stunting.

Tiga desa tersebut adalah Desa Sijoli, Salumpengut, dan Desa Tuladenggi Pantai.

Menurut Yasir, Desa Tuladenggi Pantai ini nantinya, akan menjadi desa percontohan untuk penanganan stunting di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, Desa Gio Kecamatan Moutong, mendapat penghargaan dari pemerintah setempat, karena dinilai berhasil menurunkan angka stunting di daerah itu.

Yasir Sam, menjelaskan, ada tiga hal yang dibutuhkan dalam menekan angka stunting, pertama kerjasama lintas sektor, kedua dukungan dari masyarakat. Kemudian ketiga, gencar melakukan sosialisasi sekaligus dengan data-data yang ada.

Pos terkait