Ini Besaran Zakat Fitrah dalam Bentuk Uang di Sulteng

  • Whatsapp
Kuota Haji 2023 Normal, Kemenag Usulkan Penyesuaian Bipih dan Optimalkan Persiapan
Kakanwil Kemenag Sulteng Ulyas Thaha. Foto: Humas Kemenag

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah telah menetapkan besaran zakat fitrah 1444 Hijriah/2023 Masehi. Besaran zakat fitrah berupa beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Sedangkan besaran zakat fitrah jika dikonversi ke dalam rupiah pada setiap daerah adalah,

1. Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Buol, Kabupaten Poso, Kabupaten Morowali, Kabupaten Morowali Utara, dan Kabupaten Tojo Una Una sebesar Rp 32.500.

Bacaan Lainnya

2. Kabupaten Sigi dan Kabupaten Tolitoli sebesar Rp 30.000.

3. Kabupaten Banggai senilai Rp 36.750.

4. Kabupaten Banggai Kepulauan sebesar Rp 32.000.

5. Kabupaten Banggai Laut Rp 35.000.

Besaran nilai tersebut berdasarkan edaran pada Kantor Kemenag Kabupaten/Kota setempat, sebagai pedoman dalam menunaikan zakat fitrah.

Sekaitan penetapan besaran zakat fitrah tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil)  Kemenag Sulteng, Ulyas Taha, mengimbau seluruh umat Islam, khususnya di Sulteng untuk segera menunaikan kewajiban membayar zakat di bulan Ramadan ini.

“Zakat merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap Muslim yang mampu. Zakat adalah bentuk kepedulian dan solidaritas sosial umat Islam. Mari kita manfaatkan momentum bulan Ramadan untuk menunaikan kewajiban zakat fitrah kita,” ujar Kakanwil Kemenag Sulteng Ulyas Thaha melalui pesan tertulis, Selasa (4/4/2023).

Menurut Ulyas, umat Islam perlu lebih memahami arti penting zakat dalam Islam dan menunaikannya dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh umat Islam untuk tidak menunda-nunda pembayaran zakat dan membayarnya pada waktu yang tepat. Pembayaran zakat dapat dilakukan melalui lembaga-lembaga amil zakat resmi yang terpercaya dan sudah mendapat izin dari pemerintah.

“Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan, sehingga kita harus memanfaatkannya untuk memperbanyak ibadah, termasuk membayar zakat. Semoga Allah SWT senantiasa merahmati kita semua,” pungkasnya. (bid/paluekspres)

Pos terkait