Bawaslu Parigi Moutong Gelar Sosialisasi Partisipatif Bersama Media

  • Whatsapp
Kartini Nainggolan Sekretaris AJI Kota Palu saat menjadi narasumber.(Foto - Aswadin Palu Ekspres).

Parimo, PaluEkspres.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan sosialisasi partisipatif peran pers dan media sisoal (Medsos) dalam pengawasan partisipatif Pemilu 2024.

Dalam kegiatan ini, Bawaslu setempat melibatkan puluhan awak media dan konten kreator di daerah itu, berlangsung di Aula Namiki, Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi, Selasa (30/1/2024).

Bacaan Lainnya

Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas, Bawaslu Kabupaten Parigi Moutong, Fatmawati mengatakan, sosialisasi seperti ini telah beberapa kali dilaksanakan.

“Kami juga akan turun ke lapangan untuk sosialisasi partisipatif kepada masyarakat umum,” ujar Fatmawati.

Sosialisasi ini menurutnya, sangat penting dilakukan. Sebab, dalam pengawasan Pemilu dianggap perlu keterlibatan semua pihak termasuk insan pers.

“Sehingga, diharapkan insan pers dan media sosial tentunya dapat menyampaikan atau memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pengawasan Pemilu,” ujarnya.

Ia mengatakan, insan pers bisa menjadi mata dan telinga Bawaslu ditengah tengah masyarakat. Selain itu, juga sebagai penyambung lida untuk memberikan edukasi dan pengawasan Pemilu.

“Sebab, pengawasan Pemilu katanya, bukan hanya menjadi tanggungjawab Bawaslu, tetapi tanggungjwab kita semua,” sebut dia.

Sehingga, Bawaslu Parigi Moutong menggandeng semua elemen masyarakat, mulai dari pers, ormas, pemilih pemula, dan organisasi perempuan.

“Dengan harapan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan Pemilu sesuai amanat Undang undang Nomor : 7 tahun 2017 tentang Pemilu.” ujarnya.

Ia berharap, semua elemen masyakat dapat membantu Bawaslu dalam melakukan pengawasan dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Adanya kegiatan ini, diharapkan pula dapat meminimalisir terjadinya dugaan pelanggaran Pemilu nantinya.

“Dengan demikian, Pemilu dapat terlaksana dengan baik, sesuai ketentuan perundang undangan berlaku, serta berjalan aman, dan lancar,” harapnya.

Pada kegiatan tersebut, Bawaslu Parigi Moutong menghadirkan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu, Kartini Nainggolan, sebagai pemateri.

Kartini mengatakan, pers merupakan salah satu pilar demokrasi di negara ini. Olehnya, independensi wartawan harus tetap terjaga.

Pos terkait