DKP Sulteng Bahas Penanganan Sampah Laut Melalui FGD

  • Whatsapp
Kepala DKP Sulteng Arif Latjuba memaparkan pengelolaan sampah laut di Sulteng saat FGD di aula DKP Sulteng. Foto: Istimewa

Palu, PaluEkspres.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Fokus Group Discussion (FGD) membahas penanganan sampah laut di Sulteng.

FGD yang dilaksanakan selama dua hari, Kamis – Jumat (4- 5/2024), di aula gedung pertemuan DKP Sulteng, dihadiri 50 peserta. Mereka itu terdiri dari 21 lembaga NGO, 4 perguruan tinggi dan sekolah perikanan,   Lanal Palu, 25 OPD/lembaga terkait.

Bacaan Lainnya

FGD dalam upaya membangun kemitraan kelembagaan tersebut dibuka oleh Kepala DKP Sulteng Arif Latjuba, SE, M.Si.

Sejumlah narasumber diundang memaparkan materi pada kegiatan tersebut, di antaranya  Bappeda Provinsi Sulteng, DLH Provinsi Sulteng, Untad, BMKG, Usaid Ber-Ikan, NGO Seangle Indonesia, BPSPL Wilayah Kerja Makassar, serta pelaku usaha Bank Sampah Plastik Taipa.

Dua tujuan pelaksanaan FGD ini yaitu, Menjaring masukan kebijakan, intervensi serta kegiatan Pengelolaaan dan Penanganan Sampah Laut di Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, mensinergikan program dan kegiatan terkait pencemaran sampah di laut Sulawesi Tengah dengan semua instansi, lembaga terkait dan organisasi kemasyarakatan.

Setelah FGD berlangsung selama dua hari, menghasilkan 11 rumusan di antaranya,

– pembentukan POKJA pengelolaan dan penanganan sampah laut,

– Penyusunan Roadmap penanganan sampah dari hulu ke hilir dan sampah di pesisir dan pulau pulau kecil,

– Rencana Aksi Daerah penanganan sampah laut se Sulawesi Tengah. (bid/paluekspres)

Pos terkait