121 Jamaah Haji Asal Parigi Moutong Kembali ke Kampung Halaman

  • Whatsapp
Jamaah haji Parimo saat tiba dan di terima oleh Pemda setempat di Auditorium kantor Bupati.(Foto - Aswadin/Palu Ekspres).

Parigi Moutong, PaluEkspres.com – Sebanyak 121 orang jamaah haji Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng) telah tiba di kampung halaman, Senin (15/7/2024).

Rombongan jamaah haji Kabupaten Parigi Moutong disambut haru oleh Pj Bupati Parigi Moutong, Ricard Arnaldo, didampingi Asisten 1 Setda Parimo, Forkopimda, dan Kepala Kantor Kementerian Agama (KakanKemenag) Parimo, As’at Latopada.

Bacaan Lainnya

Dalam laporanya, As’at Latopada menyampaikan, jumlah jamaah haji Parimo tiba di daerah itu sebanyak 121 orang. Padahal, jumlah jamaah saat berangkat berjumlah 123 orang.

“Jadi jamaah haji Kabupaten Parigi Moutong berjumlah 123 orang. Namun, yang tiba saat ini tinggal 121 orang. Sebab, 1 orang meninggal dunia, dan satu orang sakit kini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Madinah,” ungkapnya.

Jamaah haji yang meninggal dunia kata dia, berasal dari kecamatan Taopa, atas nama Kliwon, sementara jamaah yang sedang di Rumah Sakit Madinah saat ini bernama Suhufi asal kecamatan Ampibabo.

Menurut As’at Latopada, seluruh tahapan telah dilaksanakan pihaknya mulai dari awal hingga akhir penyelenggaraan jamaah haji.

“Alhamdulillah, seluruh tahapan sudah terlaksana dengan baik, mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan jamaah hari ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Ricard Arnaldo berharap, jamaah haji mampu meningkatkan keimanan dan ketakwaanya kepada sang khaliq.

Selain itu, jamaah haji yang kembali ditengah-tengah masyarakat juga dapat berperan menjadi tauladan dan semakin baik untuk bersama-sama membangun daerah Kabupaten Parigi Moutong.

“Haji yang mabrur pada hakekatnya adalah, haji yang mampu membuat seseorang semakin perduli terhadap persoalan-persoalan sosial dan kemanusiaan, khususnya dilingkungan sekitar,” ujarnya.(asw/paluekspres)

Pos terkait