Pengguna Internet Indonesia Tembus 88,1 Juta, Peluang Bisnis Terbuka Lebar

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, JAKARTA – Pertumbuhan marketing digital di Indonesia semakin meningkat seiring dengan semakin luasnya kemudahan akses internet di masyarakat.

Data terbaru, ada 88,1 juta penduduk Indonesia atau 34 persen penduduk menggunakan internet. Data itu berdasarkan hasil studi e-Commerce Elevenia dalam pemaparan pengalaman bisnis dan pertumbuhan marketing digital di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Hal itu dipaparkan Elevenia dalam Workshop di ajang Indonesia e-Commerce Summit and Expo (IESE) di ICE BSD, Tangerang. Dengan mengusung tema “Empowering the Digital Energy of Asia”, IESE 2017 digelar selama tiga hari sejak 9 Mei hingga 11 Mei 2017.

Senior Manager Search Marketing Elevenia, Glen Lee Vendy mengungkapkan jumlah pengguna itu terlihat dari penggunaan internet perangkat manapun.

Rata-rata waktu adalah 4 jam 42 menit per hari dari komputer, dan dari ponsel yaitu 3 jam 33 menit setiap hari. Selain itu, sebanyak 80 persen dari pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk meneliti, menemukan informasi produk, berbelanja dan mencari hiburan.

“Tren ini lah yang menjadi alasan pentingnya digital marketing bagi para pelaku bisnis online. Digital marketing merupakan sebuah peluang baru untuk periklanan dan pemasaran,” katanya, Rabu (10/5).

Penggunaan saluran digital untuk memromosikan atau memasarkan produk dan layanan kepada konsumen dan bisnis dilakukan dengan menggunakan komputer, tablet, ponsel pintar, papan reklame digital dan lainnya.

Dengan digital marketing maka pelaku industri bisa langsung menjangkau dan mengubah prospek menjadi pelanggan dan kemudian memertahankannya.

Gleen juga mengungkapkan bahwa area utama digital marketing terbagi menjadi lima. Di antaranya, Mesin Pencari yang merupakan suatu bentuk pemasaran internet yang melibatkan promosi situs web.

Iklan Tampilan (display advertising), merupakan periklanan dalam bentuk tampilan online yang muncul di halaman web dalam berbagai bentuk dengan menggunakan visual yang menarik perhatian.

Media Sosial, suatu proses untuk mendapatkan perhatian lewat media sosial iklan video. Analisis Web (web analytics), merupakan sebuah studi untuk menemukan perilaku pengguna internet, menganalisa, serta mencari solusi untuk memperbaikinya demi menjalankan situs web yang sukses.

Pos terkait