Gedung P3SBM Kemenag Sulteng Dua Kali Diaudit Irjen Belum Ada Hasil

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, PALU – Pembangunan Gedung Pusat Pengembangan Pendidikan dan Sanggar Belajar Madrasah (P3SBM) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng yang dilaksanakan di era kepemimpinan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DR. Mohsen MM dan H.Zulkifli Thahir MPd, kembali diaudit internal oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag.

Hal itu ditandai dengan kedatangan dua pejabat Irjen Kemenag ke Palu sekitar Rabu 8 Maret 2017. Wartawan media ini sempat mencegat dua pejabat Irjen Kemenag tersebut, yakni Halid dan Ibu Nur, yang didampingi dua pejabat Kemenag Sulteng di lobi Hotel Mercure Palu baru-baru ini.

Bacaan Lainnya

Saat itu, Ibu Nur yang dimintai tanggapannya mengenai audit terhadap pembangunan gedung P3SBM Kanwil Kemenag Sulteng tersebut, belum bersedia berkomentar karena mengaku masih dalam tahapan proses audit.

“Maaf, saya belum mau berkomentar karena yang berwenang mengeluarkan pernyataan adalah pimpinan,” ujar Ibu Nur kala itu.

Irjen Kemenag M Yasin dikonfirmasi hasil audit yang dilaksanakan oleh auditor internal Kemenag sekitar empat bulan silam, mengatakan, dirinya sudah tidak berwenang lagi untuk menjelaskan laporan hasil auditnya.

“Saya sudah pensiun, tolong irjen yang baru, kalau saya jawab nggak pas,” tulisnya melalui media social WhatsApp, Kamis 13 Juli 2017.

Akhirnya awak media ini menghubungi Helmi Muhammadiyah yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas menggantikan M. Yasin.

Menurut Helmi Muhammadiyah, hasil audit terhadap gedung P3SBM tersebut yang dilaksanakan sekitar bulan Maret 2017 itu, belum ada hasilnya. “Kami belum terima hasil laporannya,” akunya.

Padahal kedatangan dua pejabat Irjen ke Palu menandai audit Irjen kali ke dua terhadap pembangunan P3SBM Kanwil Kemenag Sulteng tersebut. Audit pertama dilaksanakan terhadap gedung yang menelan anggaran miliaran rupiah itu, dilaksanakan sekitar medio 2015 silam.

Helmi Muhammadiyah yang kala itu menjabat Sekretaris Irjen pada Kemenag RI, melalui pesan singkat yang diterima awak media ini, Senin 2 Februari 2015, mengatakan, audit untuk pembangunan gedung P3SBM Kemenag Sulteng yang terletak di Jalan WR Supratman Palu Barat itu, dilaksanakan setelah menerima laporan terkait adanya indikasi penyimpangan pada proyek yang memperoleh kucuran anggaran selama tiga tahun berturut-turut itu.

“Nanti kita verifikasi,” ujarnya.

Sebagaimana dirilis dari laman website LP3S Kemenag, kucuran anggaran untuk pembangunan Gedung Pusat Pengembangan Pendidikan dan Sanggar Belajar Madrasah (P3SBM) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng dilaksanakan pada 2012 dengan nilai Pagu Rp1 miliar lebih, yang bersumber dari dana APBN 2012.

Anggaran untuk tahap I ini diperuntukkan buat pengerjaan pondasi dan pemasangan tiang di era kepemimpinan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulteng DR. Mohsen MM.

Selanjutnya, pembangunan tahap II dilaksanakan pada 2013 dengan kucuran dana APBN sebesar Rp1,32 Miliar. Item pekerjaan untuk tahap II ini adalah pemasangan batu, plesteran, kusen dan pengatapan. Pengerjaan proyek itu juga dilaksanakan di era kepemimpinan Kakanwil Mohsen.

Kemudian pada 2014, kembali dikucurkan anggaran sebesar Rp1,2 Miliar, yang juga bersumber dari dana APBN. Kucuran anggaran untuk pembangunan tahap III ini untuk item pembiayaan pengecetan gedung, pemasangan daun jendela dan pintu. Untuk pelaksanaan proyek tersebut dilaksanakan di era kepemimpinan Kakanwil Kemenag Sulteng H. Zulkifli Taher MPd.

(fit/Palu Ekspres)

Pos terkait