Dinas Perikanan Parimo Minim Fasilitas

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, PARIGI – Dinas Perikanan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) sejauh ini terus melakukan pengawasan terhadap biota laut yang ada di perairan Teluk Tomini, menyusul terbitnya UU No 23 tahun 2016 tentang pengawasan kelautan itu sudah diambil alih oleh provinsi.

Sehingga dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana pendukung yang dimiliki, Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya Dinas Perikanan Parimo, di antaranya minimnya armada, tetap berupaya maksimal melakukan pengawasaan.

Bacaan Lainnya

Menyikapi kondisi itu, tak heran jika Dinas Perikanan Parimo masih sebatas memberikan imbauan kepada para nelayan agar tidak melakukan hal-hal yang bisa merusak biota laut yang ada di perairan Teluk Tomini.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Parimo, Sabarudin Kilis kepada wartawan, Kamis (27/7) di ruang kerjanya.

Sabarudin mengatakan dengan keterbatasan itu pihaknya tetap mengupayakan untuk berkoordinasi dengan pihak angkatan laut, termasuk dengan Pol Air Polres Parimo serta Pol Air Polda Sulteng. Karena mengatasi hal ini kata dia, pihaknya tidak dapat jalan sendiri.

“Kami berharap kepada Dinas Perikanan Provinsi untuk memperhatikan wilayah perairan Teluk Tomini ini karena kewenangan untuk pengawasan terhadap kelautan ini sudah menjadi kewenangan Provinsi,” ujarnya.

Terkait pengawasan terhadap pohon mangrove di pesisir pantai lanjutnya, ia menegaskan hal itu juga sudah bukan lagi kewenangan Dinas Perikanan Parimo. “Sehingga kami hanya mengurus dan mengawasi bidang perikanan saja,” ungkapnya.

Menjawab pertanyaan wartawan mengenai temuan pelanggaran seperti pengeboman ikan di perairan laut Teluk Tomini. Ia menegaskan, pihaknya akan tetap memberikan tindakan tegas dengan membuat laporan sesegera mungkin. karena pihak Dinas Perikanan Parimo juga punya tenaga penyidik yang sudah diberikan pelatihan oleh Dinas Perikanan.
Tetapi tim penyidik Dinas Perikanan Parimo hanya sebatas melakukan BAP, kemudian datanya dikirim ke Dinas Provinsi untuk ditindaklanjuti.

(mg4/Palu Ekspres)

Pos terkait