oleh

Korpri Sulteng Gelar Halal Bihalal

PALU EKSPRES, PALU – Gubernur Sulteng Longki Djanggola mengapresiasi pelaksanaan halal bihalal di lingkungan anggota Korpri. Karena ajang ini amat strategis guna mempererat kembali tali persaudaraan antar sesama anggota korpri yang mungkin sudah jarang bertemu akibat padatnya rutinitas kesibukan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) selama 11 bulan.

Sehingga tradisi yang telah membudaya di Indonesia, telah menjadi hal penting untuk dilaksanakan setelah menjalankan ibadah puasa dan merayakan idul fitri.
Tujuannya adalah memperbaiki kualitas hubungan sosial, mencairkan kebekuan hati dan mendamaikan antar individu, melalui saling memberi dan memohon maaf atas berbagai kesalahan maupun kekhilafan yang pernah diperbuat baik yang disengaja maupun tidak disengaja di masa lalu.

“Dalam momentum halal bi halal ini, saya harap anggota korpri dapat memanfaatkan guna meraih magfirah dan ridho Allah SWT, mengingat halal bi halal saya nilai efektif lagi efisien dalam menghimpun seluruh jajaran anggota korpri untuk duduk bersama sambil silaturahmi dan maaf memaafkan di waktu dan tempat yang sama,” kata Gubernur Sulteng Drs. H. Longki Djanggola, M.Si dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Drs. Mohammad Hidayat, M.Si dalam rangka halal bi halal 1438 hijriyah bersama jajaran Korpri Provinsi Sulteng 2017 bertempat di Masjid Al-Mujahidin Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jumat 28 Juli 2017.

Dalam ajaran Islam lanjutnya, apabila dijumpai seorang muslim saling menyalahkan dengan muslim yang lainnya, atau dengan umat beragama lainnya, maka itu merupakan perbuatan dosa dan dosa itu sifatnya haram. “Jadi supaya tidak mempunyai dosa maka harus dihalalkan lewat silaturahmi, dengan saling menghalalkan dan saling memaafkan yang populer dengan sebutan halal bi halal,” imbuhnya.

Halal bihalal dapat pula dijadikan momentum untuk membersihkan diri dari noda-noda keburukan hati, agar hidup menjadi tentram, sekaligus menjadi motivasi ASN sebagai anggota korpri, menjadi sosok aparatur yang profesional yang selalu mengedepankan pengabdian kepada negara dan kepada masyarakat, dengan terus memberikan prilaku yang patut diteladani, baik di lingkungan anggota korpri, dilingkungan tugas, dilingkungan keluarga dan dilingkungan masyarakat.

“Semoga silaturahmi ini membawa suatu keberkahan bagi kita sekalian, selanjutnya, jika dalam komunikasi, kebijakan, sikap dan tindakan kami selama ini sempat kurang berkenan dihati seluruh anggota korpri, namun sesungguhnya untuk kebaikan kita semua, maka melalui kesempatan ini, saya pribadi dan selaku Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, menyampaikan Taqabbalallahu Minna Waminkum Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin, semoga kita semua dapat terus bersama membangun kualitas agama yang paripurna, dan pengabdian kita kepada daerah Sulawesi Tengah,” harapnya.

Adapun pembawa hikmah halal bihalal, yakni Drs. H. Yusuf Djambolino membawakan materi berkaitan keutamaan puasa dan zakat serta hikmah pelaksanaan halal bihalal.

(humas pemprov)

News Feed