oleh

Pencanangan KKB Rampung Akhir Tahun

PALU EKSPRES, PALU – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulteng menargetkan pencanangan kampung keluarga berencana (KKB) di seluruh kecamatan se Sulteng rampung akhir tahun ini.

Sejauh ini pencanangan KKB baru terealisasi di 63 dari 162 jumlah kecamatan. Masih terdapat 99 kecamatan yang belum merealisasikan KKB. “Kami targetkan seluruhnya akan terbentuk dikecamatan akhir tahun ini,”kata Kepala Perwakilan BKKBN Sulteng, Agus Putro Proklamasi.

Menurutnya, kepala Badan KB di kabupaten yang belum realisasi seharusnya sudah bisa memulai pencanangan itu tanpa menunggu diresmikan Bupati setempat.

“Karena biasanya begini, ada kepala BKB yang menunggu dulu kesiapan waktu Bupati baru mau diresmikan. Nah saya bilang, bupati itukan banyak pekerjaan lain. Bukan cuma itu,”katanya.

Pembentukan KKB tingkat kecamatan menurut Agus merupakan target BKKBN secara nasional. Karena itu anggaran pencanangan KKB sudah disediakan oleh BKKBN. Termasuk pelatihan bagi kader pengelola KKB. “Sebenarnya kepala BKB tinggal membuat pertemuan untuk merancang pembentukan KKB itu,” jelasnya lagi.

Pencanangan KKB lanjutnya dilaksanakan untuk mendukung salahsatu program nawacita Presiden RI Joko Widodo. Yaitu program pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) dari pinggiran.

(mdi/Palu Ekspres)

News Feed