oleh

Sudah 100 Hari Lebih Menetap di Arab, Begini Perkembangan Kasus Habib Rizieq

PALU EKSPRES, JAKARTA – Habib Rizieq Shihab telah ditetapkan sebagai buron oleh Polda Metro Jaya. Pasalnya, semenjak ditetapkan sebagai tersangka, hingga hari ini dia tak kunjung kembali ke Indonesia dari Arab Saudi.

Rizieq diperkirakan meninggalkan Indonesia sejak 22 April 2017. Bila dihitung hingga hari ini (8/8), sudah lebih 100 hari dia berada di Timur Tengah. Mulai dari umrah hingga ibadah haji.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, sampai sekarang mereka tetap melanjutkan kasus itu. Mereka tetap setia menunggu kedatangan Rzieq ke Indonesia.

“Sampai sekarang masih lanjut. Kami masih menunggu kedatangan beliau untuk dimintai keterangan,” kata dia ketika dikonfirmasi, Selasa (8/8).

Polda Metro sendiri sempat beberapa kali hendak berusaha memulangkan Rizieq, mulai dari penerbitan red notice yang tidak jadi dan kerjasama police to police yang tak kunjung ada kejelasan. Sehingga kini polisi hanya bisa menunggu Rizieq pulang dengan sendiri.

Sementara kasus penistaan Pancasila di Polda Jawa Barat juga masih dalam pemberkasan. Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus menerangkan, mereka juga masih menunggu Rizieq. “Kami tunggu seraya pemberkasan,” ucapnya.

Pihak pemerintah Saudi Arabia sendiri telah memberikan visa khusus sehingga Rizieq bebas berada di sana sampai kapan dia mau.

Diketahui, dalam kasus ini Rizieq telah menjadi tersangka bersama Firza Husein. Dia menjadi tersangka karenca sreenshot percakapannya tersebar di situs baladacintarizieq.com.

(elf/jpc/fajar)

News Feed