oleh

Sulteng Punya Prospek Kerjasama dengan New Zealand

PALU EKSPRES, PALU – Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menerima kunjungan Duta besar Selandia Baru untuk Indonesia Trevor Metheson pada Senin 7 Agustus. Keduanya berbincang akrab dalam jamuan makan malam di Hotel Mercure.

Pada kesempatan itu, gubernur melalui Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Dr. Elim Somba memaparkan potensi strategis Sulteng yang berprospek untuk dikerjasamakan ke dubes Trevor Metheson. Menurut Elim, dubes Trevor sangat tertarik mengembangkan sektor-sektor strategis di Sulteng seperti perdagangan, pariwisata, agribisnis, perikanan dan kelautan, serta energi terbarukan.

“Mereka (Pemerintah Selandia Baru) suka green energy dari panas bumi dan air,” ungkap Elim pada awak media bahwa Pemerintah Selandia Baru sangat komitmen mengurangi emisi dengan mengembangkan sumber-sumber energi baru yang terbarukan.

Ia lalu menjelaskan ke dubes bahwa pemerintah provinsi sedang mencari pola ekonomi alternatif agar Sulteng tidak melulu bertumpu pada pertambangan sebagai penyumbang ekonomi terbesar.

(humas)

News Feed