oleh

Polwan Didorong Tingkatkan Dua Kemampuan Ini

PALU EKSPRES, PALU – Para Polisi Wanita (Polwan) sebagai salah satu bagian tidak terpisahkan dari Kepolisian Republik Indonesia, didorong untuk terus meningkatkan kemampuannya, sebagai upaya peningkatan kapasitas di dalam menjalankan tugasnya.

Hal ini menjadi salah satu inti materi, yang disampaikan oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sulteng, Kombes Pol. Dr. Kif Aminanto, pada seminar ilmiah yang digelar oleh Polda Sulteng, bekerjasama dengan Universitas Tadulako (Untad), di Theater Room Untad, baru-baru ini.

Kombes Kif menjelaskan, kemampuan atau skill yang perlu ditingkatkan, ialah hard skill serta soft skill. Ia mendorong kepada para Polwan, untuk dapat menyeimbangkan keduanya.

Kemampuan hard skill merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan teknis, yang berhubungan dengan bidang ilmunya masing-masing. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, Kombes Kif menyampaikan kepada para Polwan, agar tidak ragu untuk melanjutkan pendidikan akademiknya.

Sedangkan kemampuan soft skill, yakni kemampuan seseorang ketika berhadapan dengan orang lain (interpersonal), ataupun mengatur dirinya sendiri (intrapersonal).

“Perbedaan keduanya, kalau hard skill dapat diukur atau dilihat dari riwayat pendidikan, sedangkan soft skill dapat dilihat dari pengalaman,” jelasnya, di hadapan ratusan Polwan Polda Sulteng dan Polres Palu yang mengikuti seminar.

Kombes Kif juga menyebutkan, peningkatan kemampuan sangatlah penting, karena dengan hal tersebut, para personel Polwan dapat banyak belajar mengenal berbagai permasalahan yang dihadapi, serta solusi apa yang memungkinkan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Juga menjadi keuntungan organisasi, dengan memiliki para personel yang meningkat keahliannya, dalam melaksanakan pelatihan,” lanjutnya.

Senada dengan itu, pemateri lainnya, Rektor Untad Prof. Dr. H. Muh. Basir Cyio juga mendorong para Polwan, untuk dapat menyeimbangkan pendekatan otak dan otot dengan pendekatan melalui hati. Menurutnya, di beberapa masalah dibutuhkan pendekatan dari hati, untuk menyelesaikannya.

Seminar ilmiah bertajuk “Polwan Profesional Modern dan Terpercaya demi Keutuhan NKRI” ini digelar untuk memeringati Hari Jadi Polwan RI ke-69, sekaligus sebagai rangkaian kegiatan jelang Dies Natalis Untad ke-36.

(abr/Palu Ekspres)

News Feed