Wabup Minta Kampung KB Dievaluasi

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, PARIGI – Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di seluruh Kecamatan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) hampir usai. Tinggal menyisahkan beberapa Kecamatan, di antaranya Kecamatan Moutong, Kasimbar dan Toribulu. Senin (28/8), program pencanangan kampung KB dilakukan di Kecamatan Lambunu dan Taopa.

Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong mencanangkan kampung KB di dua desa, yaitu desa Siendeng Kecamatan Lambunu dan Desa Tompo Kecamatan Taopa.

Bacaan Lainnya

Kampung KB pertama kalinya dicanangkan di Desa Patapa Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong medio 2016. Program Nasional itu kembali dilanjutkan tahun 2017 di seluruh Kecamatan Kabupaten Parigi Moutong.

Wabup Badrun Nggai mengatakan, pencanangan kampung KB yang sudah dilakukan di setiap Kecamatan Kabupaten Parigi Moutong, tahun depan harus dievaluasi agar dapat diketahui, apakah program nasional itu berhasil atau tidak.

“Jangan sampai hanya dicanangkan saja tapi tidak diketahui progresnya. Makanya program ini akan dievaluasi. Saya akan datang lagi untuk menilai apa yang sudah berhasil dilakukan pasca pencanangan ini,” tandas Badrun Nggai pada acara pencanangan kampung KB di desa Siendeng dan Tompo, Senin (28/8).

Mantan Sekda Parigi Moutong itu mengatakan, pencanangan kampung KB yang sudah dilakukan di setiap Kecamatan ini harus bisa memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sebab menurutnya, laju pertumbuhan penduduk yang bisa ditekan dan dikendalikan akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Jika sebelumnya desa A misalnya belum berkembang, namun setelah dicanangkan sebagai kampung KB harus ada kemajuan. Makanya saya akan datang lagi bersama OPD terkait untuk melakukan evaluasi,”ujarnya

Ia menambahkan, salah satu yang menjadi indikator apakah desa tersebut maju atau tidak dapat dilihat dari kesejahteraan masyarakatnya. “Salah satu yang menjadi indikatornya adalah angka kemiskinan. Jika tahun ini jumlahnya relatif banyak, setelah pencanangan ini harus terjadi penurunan,”tekannya.

Wabup juga meminta seluruh Kepala Desa menyukseskan program kampung KB. Desa yang sudah dicanangkan harus bisa menjadi contoh bagi desa lainnya agar jumlah penduduk bisa dikendalikan dengan baik.

“Desa yang sudah dicanangkan sebagai kampung KB harus menjadi contoh bagi desa lainnya. Saya mau program ini berhasil di seluruh desa,”tegasnya

Tidak hanya kampung KB, Wabup juga meminta setiap desa berani menyatakan wilayahnya bebas dari penyalahgunaan Narkoba. “Tidak hanya kampung KB, saya juga inginkan setiap desa berani menyatakan wilayahnya bebas Narkoba. Setuju ?,”ujar Wabup langsung dijawab setuju oleh seluruh kades yang hadir.

Kehadiran Wabup Badrun Nggai di dua desa itu disambut antusias masyarakat setempat.
Rencananya, pencanangan Kampung KB akan berlanjut di Kecamatan Moutong, Selasa (29/8).

(Jeprin/Humas Pemda)

Pos terkait