Hari Ini Jutaan Umat Islam Wukuf di Arafah

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, MAKKAH – Hari ini Kamis 31 Agustus 2017 bertepatan dengan 9 Dzulhijjah pada penanggalan Islam, jutaan umat Islam sedunia melaksanakan wukuf di Arafah. Wukuf merupakan inti dari rangkaian ibadah haji umat Islam.

Menurut salah seorang petugas TPIHI Sulteng, Muhammad Munif Aziz Godal, jumlah peziarah internasional yang menunaikan ibadah haji pada tahun ini, mencapai 1,6 juta orang. Jumlah ini, merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah pelaksanaan ibadah haji.

Bacaan Lainnya

“Jumlah ini meningkat sekitar 264 ribu jamaah, dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun ini, Saudi memang menambah kuota sekitar 20 persen, dari total peziarah tahun lalu karena proyek ekspansi mataf Ka’bah dan Masjidil Haram telah rampung,” kata Munif, dalam laporannya melalui pesan singkat WhatsApp, Rabu (30/8).

Munif juga menyampaikan, sebelum bertolak ke Arafah, berbagai persiapan terus dilakukan oleh seluruh utusan kloter asal Provinsi Sulteng. Persiapan yang dilakukan tersebut, di antaranya peningkatan manasik, kesehatan serta program-program kegiatan selama berada di Arafah.

“Tanggal 8 Dzulhijjah 1438 H/ 30 Agustus 2017, seluruh jamaah haji akan bertolak menuju Arafah, dengan mengikuti sistem keberangkatan yang telah diatur oleh masing-masing maktab, dan akan dihantar sesuai dengan urutan kloter masing-masing,” lanjut Munif.

Sementara itu, sebagaimana yang turut dilaporkan oleh Petugas TPHI Kloter 6 Embarkasi Balikpapan jamaah asal Sulteng, Jumade, persiapan jamaah menuju rangkaian ibadah haji di Arafah, Musdalifah dan Mina (Armina), ialah dengan memperbanyak zikir dan doa, memohon agar diberikan kesehatan, kekuatan dan keselamatan selama proses Armina.

“Kondisi jamaah pada saat ini umumnya sehat, visitasi rutin terus dilakukan dari kamar ke kamar oleh tim kesehatan kloter, sehingga jamaah yang terkena penularan penyakit pilek dan batuk sudah berkurang secara signifikan,” ujar Jumade, dalam pesang singkat WhatsApp-nya.

Turut diinformasikan, para petugas yang akan menjadi khatib pada pelaksanaan Wukuf di Arafah, telah ditentukan oleh masing-masing kloter jamaah haji Sulteng. Untuk kloter 5 yang bertindak sebagai khatib adalah H. Arjan Labalado, yang bertugas di kloter 6 adalah H. Mashur, dan khatib kloter 7 adalah H. Akbar Sidik.

Selanjutnya, yang akan bertugas sebagai khatib kloter 8 adalah H. Muhammad Munif Aziz Godal, dan khatib di kloter 9 adalah Syamsul Hadi Yusuf. Masing-masing kloter akan mendesain sendiri kegiatan yang akan dilakukan, pada saat sebelum dan usai khutbah Arafah.

(abr/Palu Ekspres)

Pos terkait