Touna Punya Potensi Strategis, makanya Perlu Investor

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, AMPANA – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tojo Unauna, Drs. Aston Madilau, M.Si mengatakan kawasan Kabupaten Tojo Unauna merupakan wilayah yang memiliki potensi strategis, yang harus dikelola secara optimal agar dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat.

“Salah satu cara untuk mengelola potensi daerah yakni mengundang para investor untuk menjadikan produk ekonomi yang memberikan nilai tambah,” kata Drs. Aston U. Madilau pada kegitatan Seminar Akhir Kajian Potensi Sumber Daya Terkait Investasi, Selasa (12/12) di ruang rapat kantor DPMPTSP setempat.

Bacaan Lainnya

Namun, kata dia, saat ini tidak mudah untuk menarik pihak-pihak yang mempunyai capital untuk berinvestasi. Iklim usaha fasilitas keamanan, infrastruktur dan insentif pajak merupakan beberapa indikator yang menjadi pertimbangan sebelum berinvestasi di suatu daerah.

“Salah satu kebutuhan investor adalah informasi yang akurat mengenai kondisi ekonomi, geografi, demografis, komoditas serta dukungan sarana dan prasarana di suatu daerah,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan informasi yang berkaitan tidak hanya dibutuhkan oleh pihak investor, akan tetapi Pemerintah Daerah juga sangat membutuhkan data informasi sebagai bahan dalam penyusunan rencana dan program berkaitan dengan pengembangan investasi daerah.

Olehnya karena itu, salah satu informasi dasar yang di butuhkan untuk meningkatkan dukungan investasi dan akses terhadap sumber dana adalah data spasial potensi sumber daya daerah, yang memberikan informasi penting tentang distribusi komoditi luasan wilayah dan peluang investasi pada suatu daerah,” terangnya.

Dia mengatakan, tersedianya informasi potensi sumber daya daerah untuk pengembangan komoditi unggulan daerah akan sangat membantu upaya peningkatan pendapatan daerah dan sumber pembiayaan secara berkelanjutan.

“Informasi potensi sumber daya daerah untuk mendukung pengembangan komoditas unggulan dan peningkatan investasi di Kabupaten Tojo Unauna sangat terbatas dan heterogen, bukan hanya jumlah atau skala dan kepentingan, tetapi juga instansi pembuat peta masih tersebar dan belum terkoordinasi dengan baik,” jelasnya.

Pos terkait