Sosialisasi Pemilih Pemula, KPU Parimo Mulai Sasar Sekolah

  • Whatsapp

PALU EKSPRES, PARIGI– Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Abdul Gafur kepada media ini di kantornya, Selasa 29 Januari 2019 menjelaskan, tugasnya adalah memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan tahapan-tahapan Pemilu.

Kemudian bagaimana untuk mengenal item-item surat suara dan mekanisme ketika berada di tempat pemungutan suara (TPS).

Bacaan Lainnya

“Jadi untuk saat ini kami memberikan pendidikan kepada masyarakat terkait dengan target kami. Kemudian target kami itu ada sebelas segmen, di antaranya segmen pemilih pemula yang insya Allah kami laksanakan di sekolah yang umurnya genap 17 tahun di bulan April nanti,” jelasnya.

Hal ini katanya, juga untuk memastikan kepada masyarakat, termasuk disabilitas apakah mereka sudah terdaftar di dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan DPTHP-2 saat ini.

“Nah, kalau kemudian belum terdaftar dan sudah melakukan perekaman maka mereka akan dimasukkan di dalam daftar pemilih khusus (DPK),” ungkapnya.

Sekaitan dengan program KPU lanjutnya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Itu menjadi agenda kegiatan divisinya mengenai pendidikan pemilih melalui tatap muka dengan pemilih pemula, perempuan, dan pemilih disabilitas.

“Jadi sasaran kami nantinya adalah sekolah-sekolah dan kemungkinan ada yayasan yang memang menyelenggarakan disabilitas, itu juga akan menjadi sasaran kami,” ucap Gafur.

Sekolah yang akan dikunjungi nantinya, mulai dari Kecamatan Sausu hingga Moutong. Tetapi tidak semua sekolah akan dikunjungi karena mengingat waktu sangat terbatas.

“Kami kan ada penyelenggara ad hoc, yaitu panitia pemilihan kecamatan (PPK), karena tugas mereka juga membantu kerja-kerja KPU, makanya mereka kami tugaskan untuk melakukan sosialisasi di sekolah yang tidak mampu kami jangkau,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam melakukan sosialisasi ini pihaknya hanya mampu menjangkau sekolah-sekolah yang memang cukup dengan waktu yang tersedia.

“Jadi sosialisasi itu mulai besok, Rabu 30 Januari, hingga tanggal 2 Pebruari 2019,” ujarnya.

(asw/palu ekspres)

 

Pos terkait