oleh

Siapkan Generasi Sadar Bencana Sejak Dini, Program Tagana Masuk Sekolah di Parimo

PALU EKSPRES, PARIMO– Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melaksanakan Program Taruna Siaga Bencana (Tagana) masuk sekolah (TMS) dengan melibatkan siswa Sekolah Dasar (SD).
Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial (Perlinjamsos) Dinas Sosial Parimo, Ariesto kepada wartawan di kantornya, Senin (26/10/2020).
Menurut Ariesto, ditargetkan Tagana akan menyisir 10 titik Sekolah Dasar yang ada di wilayah Kabupaten itu, guna memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai kebencanaan.
Hal ini juga sebut Ariesto, sebagai upaya pemerintah untuk mempersiapkan generasi sadar bencana sejak dini.
Tagana masuk sekolah kata dia, merupakan program Pemerintah Pusat melalui Dinas Sosial Provinsi Sulteng yang akan dilaksanakan oleh Kabupaten dengan memberikan penyuluhan tentang bencana seperti, banjir, tanah longsor, gempa dan lainnya.
“Jadi kami diminta membentuk tim yang berjumlah lima orang untuk mensosialisasikan kepada siswa SD,” jelas Ariesto.
Kegiatan ini, ditargetkan mulai bulan November mendatang. Namun sebelum itu, pihaknya masih menunggu izin dari pihak sekolah untuk dilakukan kegiatan tersebut. Karena saat ini, sejumlah sekolah di Parigi Moutong belum melaksanakan belajar tatap muka akibat pandemi COVID-19. Oleh karena itu pihaknya belum menentukan sekolah mana yang akan dikunjungi nantinya.
“Kemarin saya sudah laporkan ke Provinsi, kita menunggu izin dari pihak sekolah dan rekomendasi pembukaan sekolah melalui kepala daerah dalam hal ini Bupati,” terang Ariesto.
Ia berharap, dengan adanya program Tagana masuk sekolah ini dapat memberikan sedikit pemahaman tentang kebencanaan sedini mungkin kepada siswa SD.
“Target utama yang kami harapkan, dengan adanya program ini dapat memberikan pengetahuan kebencanaan sedini mungkin khususnya bagi siswa SD,” ujarnya. (asw/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed