oleh

Husein Kritisi Penyaluran Bantuan Bencana, Irwan Tekankan Itu Sudah Sesuai Aturan

PALU EKSPRES, SIGI– Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sigi, Husen Habibu-Paulina, mengkritisi penyaluran bantuan para korban bencana alam di Kabupaten Sigi, saat debat kandidat yang digelar KPU Sigi,  Kamis malam (29/10/2020).

Menurut Husein Habibu, penyaluran bantuan para korban bencana alam seharusnya bisa dituntaskan secepat mungkin pascabencana alam 28 September 2018 silam. Bukan, malah seperti saat ini berlarut-larut tidak kunjung dituntaskan.

“Semua data telah lengkap dan dananya pun telah tersedia. Untuk itu, seharusnya penyaluran bantuan bisa cepat, bukan berlarut-larut seperti saat ini,” kata Paslon nomor urut 2 tersebut.

Husein menegaskan, keterlambatan penyaluran bantuan bencana alam di Kabupaten Sigi, yang bertangungjawab tentu kepala daerahnya yaitu Bupati. “Kalau kepala daerahnya tegas dan sigap menangani persoalan, yah tentu segala persoalan mengenai korban bencana alam di Kabupaten Sigi sudah dapat dituntaskan dalam kurun waktu 2 tahun pascabencana saat ini,”urainya.

Husein pun dengan optimis, berjanji kalau dirinya dengan Paulina, dipercaya masyarakat menjadi bupati dan wakil Bupati Sigi untuk 5 tahun kedepan,  persoalan penanganan bantuan untuk para korban bencana alam akan dituntaskan dalam hitungan bulan saja.

Sementara itu untuk penanganan Covid 19 kata Husein, kalau dirinya terpilih, akan mendorong peran serta seluruh lapisan masyarakat untuk hidup sehat dengan cara menjalankan protokol kesehatan.

“Selain itu, untuk membantu pertumbuhan dan pemulihan ekonomi warga, kami akan mendorong industri rumahan, serta membukan peluang usaha maupun peluang kerja bagi warga yang terdampak Covid-19,”jelasnya.

Sementara itu, Paslon nomor urut 1 Mohamad Irwan-Samuel Pongi, menegaskan penyaluran bantuan bencana alam yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) sudah sesuai mekanisme dan aturan yang ada.

“Kalau maunya kita dari Pemda penyaluran bantuan untuk para korban bisa dituntaskan dengan cepat. Namun untuk kebijakan penyaluran bantuan, itu bukan hanya kewenangan Pemda, melainkan Pemprov, dan Pemerintah Pusat juga. Oleh karena itu, semua kebijakan dari pemerintah pusat sampai ke daerah harus sinkron, supaya tidak terjadi tumpang tindih dalam penyalurannya, yang bisa mengakibatkan persoalan hukum dikemudian hari,” ujarnya.

Untuk penanganan Covid-19 kata Irwan, akan melanjutkan program yang sudah dijalankan saat ini yaitu pengawasan ketat terhadap pelaku perjalanan dari luar Sulteng dan tetap memprioritaskan anggaran penanganan Covid 19 di APBD.

Untuk pengamanan,  Polres Sigi menurunkan 60 personel dengan dipimpin langsung Kabag Ops Polres Sigi  AKP Zulkifli.

Kapolres Sigi AKBP Yoga Priyahutama, melalui Kabag Ops Polres Sigi AKP Zulkifli, menyampaikan dalam pelaksananaan pengamanan, seluruh personel yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasi (satgas) Mantap Praja Tinombala 2020 dibagi menjadi tiga ring.

Selanjutnya kata Zulkifli,  setiap personil melakukan pemeriksaan badan serta barang bawaan bagi undangan yang hendak menghadiri debat publik tersebut.

“Untuk kedua Paslon, Satgas Operasi melakukan pengawalan dari keberangkatan sampai di tempat debat, dan sampai kedua Paslon pasangan calon kembali ke Posko masing masing,”ungkapnya.

Selain itu kata Zulkifli, kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dimana debat tidak dihadiri massa, bahkan yang mendampingi kedua paslon ke lokasi debatpun dibatasi oleh penyelenggara.

Adapun Yang hadir Dalam debat Publik Terbuka yaitu Ketua KPU Sigi  Hairil, Ketua Bawaslu Sigi  Steny Mariny Pettalolo,   Iwan Waris dosen Ilmu Sosial dan Politik Untad, Mustadin Dg. H. Mustafa dosen STAIN Datukarama Palu, Muh. Nur Sangadji dosen Untad Fakultas Pertanian yang juga  selaku moderator debat publik,  H. Andi Mattulada Amir Ketua STIE Panca Bhakti Palu, Rita Safitri dosen Fisip Untad ,  Abd. Iskandar  dosen Untad, ketua tim pemenangan serta wartawan dari media cetak dan electronik. (mg4/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed