oleh

Pemerintah Dorong Masyarakat Konsumsi Pangan Lokal

PALU EKSPRES, SIGI– Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakkan kegiatan Gerakan Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Tahun 2020, Kamis 26 November 2020, di Demplot Pekarangan Lestari (P2L) KWT. Sintuvu Maroso Desa Maku, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.
Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir itu dirangkaikan dengan Talk Show Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non Beras Tahun 2020 dengan Tema “Sehat, Bahagia, dengan Pangan Lokal”.
Kadis Pangan Provinsi Sulawesi Tengah Abdullah Kawulusan, berharap sosialisasi, edukasi yang baik dapat dilaksanakan sampai di desa, sehingga ada pemahaman dari masyarakat bahwa sumber pangan itu banyak dan dilakukan pelatihan praktek-praktek kepada masyarakat dalam bentuk bahan olahan maupun makanan.
“Diversifikasi Pangan bertujuan untuk antisipasi krisis pangan global dan ancaman kekeringan, penyediaan pangan alternatif sebagai sumber karbohidrat lokal yang beragam, menggerakan ekonomi masyarakat, mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, aktif, produktif, melalui kecukupan pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman,” ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Muh. Basir, mengajak seluruh elemen masyarakat agar kembali membiasakan diri untuk mengkonsumsi karbohidrat dari pangan lokal.
Sebab kata Basir, melalui pangan lokal yang beragam, berimbang terdapat asupan gizi yang cukup dan aman bagi kita khususnya kepada para UMKM.
Ia juga memberikan apresiasi dan penghargaan atas usaha pangan lokal yang sudah dilakukan saat ini oleh masyarakat. Olehnya, ia berharap agar hal ini dapat terus ditingkatkan dan berupaya meningkatkan kualitas usaha agar mempunyai harga jual yang lebih meningkat lagi.
“Kepada Perangkat Daerah yang berkaitan dengan pangan, untuk tetap meningkatkan pendampingan yang lebih intensif kepada para pelaku usaha dibidang pangan seperti UMKM Pangan Lokal. Bahkan dapat memfasilitasi peningkatan usahanya melalui program yang ada di masing-masing Perangkat Daerah,” katanya. (mg4/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed