oleh

MCI Bantu Pemulihan Bencana di Kabupaten Sigi

PALU EKSPRES, SIGI- Pjs. Bupati Sigi, Sisliandy, membuka secara resmi kegiatan deklarasi Open Defecation Free (ODF), sekaligus serah terima program pemulihan pasca bencana di Kabupaten Sigi, bertempat di Hotel Sutan Raja Palu, Kamis (26/11/2020).
Mercy Corps Indonesia (MCI) melalui Direktur Eksekutifnya Ade Soekadis, menyampaikan, bahwa program recovery yang mereka lakukan di beberapa titik kecamatan dan desa di Kabupaten Sigi adalah bentuk kepedulian MCI kepada masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya bagi masyarakat yang menjadi korban bencana gempa bumi dan likuifaksi di Kabupaten Sigi.
Terkait hal itu, Ade Soekadis mengatakan, intervensi atau respon atas pascabencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Pasigala Sigi bukan hanya berakhir di acara seremonial, tetapi kedepan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dan MCI mempunyai program jangka panjang.
“Selain membantu fasilitas air dan sanitasi, juga akan membantu proses perbaikan ekonomi dengan pembuatan sumur bagi petani,”kata Ade.
Sementara itu, Pjs. Bupati Sigi Sisliandy dalam sambutannya menyampaikan, terimakasih kepada pihak MCI dan The Taipei Economic and Trade Office (TETO) telah hadir di Kabupaten Sigi dengan berbagai program bantuannya untuk masyarakat terdampak bencana gempa bumi dan likuifaksi 28 September 2018.
“Seperti apa yang telah dilakukan MCI dalam program tanggap darurat bencana telah memulai implementasi program dengan fokus pada kegiatan distribusi barang non makanan, pembangunan dan rehabilitasi jamban umum, pengembangan sumber air dan pengolahan akses air untuk pertanian, pemberdayaan masyarakat promosi kesehatan dan psikososial bagi masyarakat Kabupaten Sigi,” terangnya.
Sislinady mengakui pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, tetapi harus didukung oleh seluruh komponen serta seluruh masyarakat agar penanganan bencana dapat diselesaikan dengan baik.
“ Pemerintah daerah senantiasa berupaya untuk terus memberi pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat di daerah ini. Pemerintah juga akan selalu merespon persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat termasuk dalam rangka membantu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat,”jelasnya.
Pjs. Bupati berharap, agar bantuan yang telah ada dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan dapat dirawat dengan baik agar bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. (mg4/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed