oleh

50 Mahasiswa KKN STIFA Pelita Mas Palu Disebar di Touna

AMPANA, PE – Sebanyak 50 mahasiswa Profesi Kesehatan STIFA Mas Palu melaksanakan KKN di Kabupaten Tojo Una-una. Lima puluh mahasiswa STIFA Mas Palu tersebut akan melaksanakan KKN di enam Kecamatan. Yakni Kecamatan Tojo Barat, Tojo, Ulubongka, Ampana Kota, Ratolindo dan Kecamatan Ampana Tete.

Rombongan KKN tersebut diterima secara resmi oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Tojo Una-una, Ir. Munawar Mapu, MSi yang didampingi Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Tojo Una-una, Dra Javanet Alfari MAP, di ruang rapat kantor Bupati Tojo Una-una, Senin, (20/2).

Asisten III Ir. Mumawar Mapu dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Kesehatan merupakan urusan wajib pemerintah dan merupakan hak azasi manusia.

Kesehatan juga merupakan investasi yang menjadi salah satu prasyarat dasar dan kunci pendorong faktor ekonomi yang dapat menentukan daya saing bangsa dan merupakan indikator utama penentu Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Kesehatan harus menjadi arus utama dalam pembangunan di Kabupaten Tojo Una-una.  Merupakan salah satu sasaran pokok pembangunan kesehatan 2015-2019 adalah terpenuhinya tenaga kesehatan, obat dan vaksin,” katanya.

Menurutnya, pemenuhan kebutuhan obat dan vaksin di masyarakat harus diimbangi dengan cara penggunaan obat yang rasional yang didalamnya melibatkan peran aktif dari tenaga farmasi yang kompoten di dalam melakukan pekerjaan kefarmasian.

“Sehingga dapat memaksimalkan efek terapi dan menimalkan efek samping obat yang berdampak kepada peningkatan kualitas hidup masyarakat,” tuturnya.

Dia mengatakan, tingginya angka penyalahgunaan obat di Indonesia termasuk di Kabupaten Tojo Una-una, haruslah menjadi perhatian bersama.

“Peningkatan akses masyarakat terhadap obat tidak hanya berbicara tentang obat sintetis melainkan juga berbicara tentang obat tradisional. Memberdayakan kearifan lokal masyarakat melalui pengelolaan dengan benar sesuai dengan keilmuan yang ada. Tanaman obat yang secara turun temurun telah digunakan khususnya di masyarakat Tojo Una-una tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan melaikan juga dapat ikut meningkatkan ekonomi masyarakat, ” terangnya.

Munawar pun berharap kehadiran mahasiswa STIFA Pelita Mas Palu di enam kecamatan di Touna dapat memberikan manfaat nyata bagi pembangunan di Kabupaten Tojo Una-una.

“Senantiasa bawa dan jaga nama baik Almamater perguruan tempat kalian belajar dimana saja kalian berada terutama saat berbaur dengan masyarakat, ” tukasnya.

Senada, Ketua Rombongan STIFA Pelita Mas Palu, Dra Sri Mulyani MSi pun berharap hal yang sama. “Kami sangat berterima kasih kepada Pak Bupati, karena telah berkenan dan memfasilitasi mahasiswa STIFA Pelita Mas Palu dalam melangsungkan kegiatan KKN sampai beberapa waktu kedepan, semoga kegiatan KKN dapat membantu masyarakat di Touna,” ujar Sri Mulyani.

(mg3/Palu Ekspres)

News Feed