oleh

Penertiban Hewan Ternak, Satpol PP Minta Kecamatan Siapkan Kandang Penampungan

PALU EKSPRES, PARIMO– Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), Enang Pandake mengatakan, rencananya kedepan pihaknya akan melaksanakan penertiban hewan ternak sapi dan kambing di wilayah Kabupaten Parimo. 
Terkait hal itu kata Enang, minimal di setiap kecamatan harus menyiapkan lahan untuk membangun kandangnya masing-masing. Hal itu untuk menampung hewan ternak hasil penertiban Satpol PP dan pihak kecamatan itu sendiri. 
“Hal ini merupakan salah satu inovasi dari Bidang Penegakan Perda,” kata Enang kepada wartawan di kantornya, Kamis (15/4/2021).
Mengenai lokasi untuk dijadikan kandang penampung hewan ternak sapi atau pun kambing hasil penertiban yang dilakukan oleh petugas Satpol PP kata dia, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masing-masing pihak kecamatan.
“Supaya ketika di kecamatan ada penertiban hewan ternak maka langsung dikandangkan di situ. Karena tidak mungkin hewan ternak sapi atau kambing dari tempat lain dikandangkan di Kecamatan Parigi,” ujarnya.
Ia menginginkan, lahan yang akan digunakan nantinya untuk lokasi kandang di masing-masing kecamatan adalah milik Pemda setempat. Minimal berlokasi di Kecamatan Parigi maupun eks Parigi.
Sementara, Rivani selaku Kepala Bidang Penegakkan Perda pada Satpol PP menambahkan, terkait hal ini pihaknya juga akan melakukan upaya pelayanan satu kali 24 jam.

“Jadi Insya Allah kedepan langkah-langkah yang kita lakukan utamanya, pelayanan yang sifatnya satu kali 24 jam. Di situ ada pelayanan pelanggaran Perda,” ujarnya.
Ia menjelaskan, untuk pelayanan, yang pertama dibuka adalah pelayanan pelanggaran Perda. Meliputi pelayanan Ketenteraman dan Ketertiban Umum (Trantibum), serta pelayanan Pemadam Kebakaran (Damkar).
“Jadi pelayanan pelanggaran Perda, di situ ada pelayanan Trantibum dan Damkar. Jadi disatukan di situ semua, sehingga masyarakat tinggal menghubungi call centernya, misalnya di sini ada sapi yang berkeliaran di jalan, maka kami akan bergerak ke sana untuk melakukan penindakan,” sebut Rivani.
Ia menambahkan, setelah menerima laporan dari masyarakat, pihaknya langsung turun melakukan penindakan bersama pihak kecamatan, dan Dinas Peternakan. (asw/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed