oleh

Presiden Imbau Kepala Daerah Segera Belanjakan APBD

PALU EKSPRES, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepala daerah se-Indonesia untuk segera melakukan belanja APBD, baik belanja aparatur maupun belanja modal

Karena menurutnya, perputaran uang di sebuah daerah itu sangat menentukan pertumbuhan ekonomi.

“Belanja APBD segerakan. Karena angka-angka yang saya lihat, yang tinggi itu baru belanja pegawai itupun baru di angka 63 persen. Belanja modal per Maret baru 5,3 persen,” kata Presiden dalam Rapat Koordinasi Kepala Daerah se Indonesia, Rabu (28/4/2021).

Rapat koordinasi kepala daerah ini turut dihadiri Wali Kota Palu Hadianto Rasyid. Wali Kota Palu merupakan salah satu wali kota dari 10 wali kota yang mendapat undangan untuk pengarahan secara virtual tersebut.

Sebelumnya Presiden Jokowi dalam arahannya menyampaikan perlunya kewaspadaan setiap kepala daerah dalam mengatasi Covid-19. Apalagi saat ini menjelang libur panjang Idul Fitri 1442 Hijriyah.

“Sekecil apapun kasus aktif yang ada di provinsi maupun kabupaten dan kota yang bapak dan ibu pimpin, jangan sampai kehilangan kewaspadaan. Ikuti kurva-kurvanya. Begitu naik sedikit segera untuk ditekan kembali agar terus menurun,” ujar Presiden.

Presiden mengambil contoh di India, dimana pada bulan November hingga Januari berhasil melandaikan kurvanya hingga berhasil menurunkan 10.000 kasus perhari, karena kuncinya adalah mikro lockdown.

“Namun kita ketahui bersama, terjadi lonjakan yang besar di India menjadi 350 ribu kasus aktif perhari,” ungkapnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menyampaikan bulan Maret dan April ini ekonomi kelihatan sudah hampir menuju pada kondisi normal, sehingga target pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2021 yakni 4,5 sampai dengan 5,5 persen bisa tercapai.

“Ini tergantung pada pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua tahun 2021. Artinya April, Mei, dan Juni ini sangat-sangat menentukan. Target kita kurang lebih 7 persen harus tercapai. Kalau itu bisa tercapai maka untuk kuartal yang berikutnya lebih memudahkan,”demikian Presiden. (**/mdi/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed