Wagub Sulteng: Perkembangan Pasar Keuangan Syariah Cukup Pesat

  • Whatsapp
Wagub Sulteng Rusli Dg Palabbi menyampaikan sambutan pada pembukaan seminar produk dan layanan Jasa Keuangan Syariah, Kamis (29/4/2021). Foto: Biro Admpim Pemprov

PALU EKSPRES, PALU– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sulawesi Tengah menyelenggarakan seminar produk dan layanan Jasa Keuangan Syariah. Seminar bertajuk Edukasi Keuangan Syariah dilaksanakan di Hotel Santika Palu, Kamis (29/4/2021).
Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari program Gebyar Safari Ramadhan 1442 Hijriah dengan menggandeng dai kondang Ustaz Muhammad Nur Maulana yang mengisi ceramah secara virtual dan penyerahan Bantuan Ramadan.
Saat membuka acara, Wakil Gubenur Sulawesi Tengah Dr. H. Rusli Dg. Palabbi, SH, MH menyampaikan perkembangan pasar keuangan syariah di Indonesia selama beberapa tahun terakhir cukup pesat.
“Perkembangan ini ditandai dengan semakin banyaknya lembaga keuangan syariah di Indonesia, di antaranya perbankan syariah,”ucapnya.
Menurutnya, industri perbankan syariah dapat memberikan kontribusi dalam melakukan transformasi perekonomian pada aktivitas ekonomi produktif, bernilai tambah dan inklusif.
Selain itu, dengan potensi penduduk Indonesia yang mayoritas Muslim menjadi pasar utama untuk memasarkan produk bank berbasis syariah.
“Nilai-nilai syariah yang ada pada bank syariah memiliki kesesuain dengan Muslim yang ingin menjalan agama secara kaffah,”tuturnya.
Terakhir, Ia berharap dengan berkembangnya industry perbankan, setidaknya memberikan kontribusi positif dalam mendukung inklusi keuangan khususnya bagi masyarakat yang menginginkan layanan keuangan yang memenuhi prinsip syariah pada berbagai level.
Senada dengan Wagub Sulteng, Pemerintah Kota Palu melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu, Moh. Rifani Pakamundi, S.Sos, M.Si, mengatakan peran strategis industri perbankan syariah dalam pembangunan ekonomi rakyat harus terus ditingkatkan dengan menangkap berbagai peluang yang ada di era financial digital, yang ditandai dengan pemanfaatan teknologi dalam produk perbankan.
Nampak hadir Kepala Otoritas OJK Perwakilan Sulteng, Pimpinan Perbankan, Organisasi Sosial Sulteng. (Biro Admpim Pemprov)

Pos terkait