Sosialisasi Deradikalisasi di Tamanjeka, Begini Pesan Kakan Kemenag Poso

  • Whatsapp
Kegiatan Forum Diskusi Sosialisasi Deradikalisme dan Kontra Radikalisme serta Wawasan Kebangsaan oleh Densus 88 Mabes Polri di halaman Masjid Nur Huda Tamanjeka, Kecamatan Poso Pesisir, Rabu (23/06/2021). Foto: Humas Kemenag

PALU EKSPRES, POSO– Upaya untuk menangkal faham radikalisme dan terorisme di Kabupaten Poso terus digaungkan oleh pemerintah. Hal ini buktikan dengan dilaksanakannya kegiatan Forum Diskusi Sosialisasi Deradikalisme dan Kontra Radikalisme serta Wawasan Kebangsaan oleh Densus 88 Mabes Polri di halaman Masjid Nur Huda Tamanjeka, Kecamatan Poso Pesisir, Rabu (23/06/2021).
Kegiatan yang dihadiri oleh Kakan Kemenag Poso, H. Makmur Muh. Arief, Ketua MUI Kabupaten Poso, H. Arifin Tuamaka, dan Pimpinan Yayasan Amanatul Ummah Poso, Ustad. Hasanudin, Tim Forum Diskusi dari Densus 88 Mabes Polri, Kapolsek Poso Posisir, serta masyarakat Dusun Tamanjeka.
Ketua MUI Kabupaten Poso, H. Arifin Tuamaka dalam arahannya mengajak seluruh masyarakat untuk mempererat persatuan dan kesatuan.
“Marilah kita bersama-sama menjaga persaudaraan, baik itu ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basyariah dan ukhuwah wathoniyah,” ujarnya.
Sementara Kakan Kemenag Poso, H. Makmur mengatakan bahwa kalau seseorang mendapatkan hidayah itu, pintu masuknya ada Lima. Pertama, harus memiliki ilmu.
“Ingin kebahagian dunia harus dengan ilmu, ingin kebahagian akhirat harus dengan ilmu, dan kalau ingin kebahagian dunia dan akhirat harus dengan ilmu,” jelasnya.
Ke dua, harus beribadah atau beramal, karena dengan ilmu kita beribadah. Ke tiga, rezeki; ke empat sabar, dan yang ke lima adalah bersyukur.
Sementara itu, Hasanuddin yang merupakan pimpinan Yayasan Amanatul Ummah Poso menyampaikan, Yayasan Amanatul Ummah bergerak dan fokus pada dakwah, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.
Sedangkan Ketua Tim dari Densus 88 Mabes Polri menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan saat ini adalah untuk memberikan penjelasan, pemahaman, tentang bagaimana kita menjalani kehidupan dan untuk menyikapi situasi Poso terutama dusun Tamanjeka ini.
Di sela-sela kegiatan ini, Forum Diskusi dari Densus 88 mabes Polri ini menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Nur Huda Tamanjeka yang diserahkan oleh Ketua Tim kepada Kepala Dusun Desa Tamanjeka. ***

Pos terkait