Kemenag Sulteng Perpanjang Pendaftaran Kompetisi Film Animasi Pendek Islami

  • Whatsapp
Sofyan Arsyad /istimewa

PALUEKSPRES, PALU – Untuk kali pertama, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Kompetisi Film Animasi Pendek Islami (Islamic Animated Short Movie Competition).

Pendaftaran dan pengiriman karya film animasi telah dibuka sejak awal Maret 2021 dan akan berakhir tanggal 12 Juli 2021.

Bacaan Lainnya

Semula, flyer yang beredar menyebutkan pendaftaran ditutup 30 Juni 2021. “Kami lakukan perpanjangan waktu untuk memberi kesempatan kepada calon peserta yang belum menyelesaikan pembuatan film pendek animasinya,” kata Sofyan Arsyad, Sub Koordinator Seksi Penais dan Sistem Informasi selaku penyelenggara iven tersebut kepada Palu Ekspres, Selasa (29/6/2021).

Dijelaskan, kompetisi film pendek animasi bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam dengan cara yang menyenangkan tanpa harus menggurui.
Selain itu, untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga generasi milenial terhadap seni budaya Islam, dan mensyiarkan kepada dunia dengan caranya.

Karena itu, kegiatan ini mengusung tema “Aku Milenial Aku Sadar” dengan tiga sub tema (pilihan) yakni Milenial Sadar Halal, Milenial Sadar Gaul (no free sex, no drugs, no hoax dan Milenial Sadar Ibadah (sunnah Rasul dalam berperilaku).

Menurut Sofyan, lomba terbuka untuk umum, dengan syarat WNI berusia 12-40 tahun dan berdomisili di wilayah Sulteng. Durasi film dibatasi 4 s.d 6 menit. Peserta diharapkan mengemas film agar menarik, komunikatif dan Inspiratif sesuai sub tema yang dipilih.

Tim juri yang berasal dari berbagai kalangan, akan menilai film berdasarkan lima kriteria penilaian yakni keaslian, kesesuaian isi dengan tema/sub tema, kekuatan pesan, kreatifitas dan teknik visualisasi.

Menariknya, kata Sofyan, panitia tidak memungut biaya pendaftaran dan menyiapkan total hadiah uang tunai 12 juta rupiah. “Selain itu, tiga peserta terbaik akan mewakili Sulteng pada kompetisi tingkat nasional yang memperebutkan total hadiah 100 juta rupiah,” ujarnya.

Dikatakan, masih tersedia waktu dua pekan bagi milenial yang berminat ikut berkompetisi. Caranya, daftar melalui link: http://bit.ly/IASMC_Sulteng dan kirimkan karya film animasi ke email: kanwilsulteng@kemenag.go.id cc: iasmsulteng@gmail.com.

Pos terkait